Presiden RI Jokowi Lakukan Uji Coba Kereta Cepat Jalur Jakarta-Bandung

JABAR EKSPRES- Presiden RI Joko Widodo melakukan uji coba operasional kereta api (KA) cepat jalur Jakarta-Bandung dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta, pada Rabu (13/9/2023).

Kedatangan Presiden ke Stasiun KCJB Halim terjadi sekitar pukul 08.50 WIB, didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, serta Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Sejumlah tokoh terkenal dan influencer ikut serta dalam uji coba ini, termasuk Raffi Ahmad, Tsamara, Gading Martin, Cak Lontong, dan Yuni Shara.

BACA JUGA : Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kawasan Hutan Lindung Watu Kanggorok

Presiden Jokowi bersama rombongan melakukan uji coba operasional kereta cepat dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang dengan waktu perjalanan sekitar 28 menit, dengan kecepatan mencapai 351 km/jam.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan naik KA Feeder Kereta Cepat dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, dengan durasi perjalanan sekitar 20 menit.

Dengan demikian, dari Jakarta ke pusat kota Bandung, waktu perjalanan diperkirakan sekitar 50 menit.

“Soft launching” pengoperasian kereta cepat dijadwalkan akan dimulai pada 1 Oktober 2023. Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan 8 perjalanan kereta pada bulan Oktober.

Kemudian, pada November, jumlah perjalanan kereta akan bertambah menjadi 28, diikuti dengan 40 perjalanan kereta pada bulan Desember, dan mencapai 68 perjalanan kereta pada Januari 2024.

BACA JUGA : Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Segera Beroperasi, Jokowi: Tak Ada Subsidi Tiket

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan