Kota Sukabumi Cetak Rekor MURI dengan Ciptakan 26.215 Puisi!

JABAR EKSPRES – Kota Sukabumi berhasil menorehkan sejarah baru dengan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), dengan adanya 26.215 karya puisi pelajar dari berbagai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai cipta puisi terbanyak kepada Pemerintah Kota Sukabumi.

Karya ini dibuat sekitar 10.000 pelajar di Kota Sukabumi. Pemecahan rekor dengan tema puisi ‘Sejuta Cinta Sejuta Cerita‘ ini mengusung Tema Kearifan Lokal Kota Sukabumi yang mengandung pesan kearifan lokal.

Menurut orang nomor 1 di Kota Sukabumi itu, sebenarnya banyak potensi seni, budaya, dan barang peninggalan sejarah yang dapat dilukiskan dalam sebuah narasi puisi.

Baca juga: Teka-teki Kematian Ibu dan Anak di Cinere, Dokumen ini Menjadi Kunci!

”Penulisan puisi pelajar ini kolaborasi komunitas Sukabumi Sukabuku dan Dinas Perpustakaan dan Arsip serta penggiat literasi berharap gerakan literasi menjadi gerakan yang melesat,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Kamis, 14 September 2023.

”Saya ucapkan terima kasih kepada kepala sekolah atas suksesnya ‘Sejuta Cinta Sejuta Cerita’ dalam bentuk puisi,” imbuhnya.

Selain itu, Fahmi memaparkan, karya yang berbentuk puisi, bisa menjadi kenangan, bukan hanya untuk Sukabumi, melainkan mancanegara.

Gerakan penulisan puisi ini memiliki target awal 30 ribu karya. Namun, sampai dengan hari ini berhasil melampaui target hingga 26.215 puisi.

Pencapaian ini menjadi kado terindah untuk dikenang dalam sejarah Kota Sukabumi. Hal tersebut bisa menjadi motivasi untuk melahirkan peradaban terbaik melalui puisi serta semangat untuk mengembangkan literasi. (Mg9)

Baca juga: Komisi V DPR RI: Jembatan Cikereteg Bogor Akan Rampung Bulan Depan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan