Ernawan Witarsa Dukung Penuh SAC Indonesia, Berharap Ada Penerus Yogi Saputra!

JABAR EKSPRES – Atlet atletik legendaris Indonesia, Ernawan Witarsa, menyatakan dukungannya pada penyelenggaraan musim kedua Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sprinter yang tergabung dalam tim estafet Indonesia di Olimpiade 1984 itu berharap bahwa SAC Indonesia dapat menemukan atlet atletik berbakat untuk generasi selanjutnya.

Baca Juga: M. Farrel Akira Syadid dari SMAN 10 Bandung Bakal Debut di SAC Indonesia

“Saya sangat senang lah. Dengan perlombaan ini membuat pelajar-pelajar di Jawa Barat punya tempat untuk menunjukkan bakat olahraganya,” kata Ernawan.

Dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022, terdapat dua wakil West Java Qualifiers yang berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Yakni Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon dari tolak peluru. Dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade, Sukabumi. Mereka bahkan juga menjuarai kompetisi Athletics West Track and Field State Championship.

“Saya berharapnya begitu (dapat menemukan generasi atlet baru). Dengan SAC Indonesia bisa menemukan atlet-atlet dari daerah. Yang mungkin bisa dikompetisikan di Kejurnas maupun Popnas. Seperti Yogi, kemarin sudah bersaing di Kejurnas. Bisa meraih posisi ketiga,” kata Ernawan.

Nantinya, Ernawan juga akan bertugas sebagai anggota talent scouting dari PB PASI di penyelenggaraan West Java Qualifiers. Ernawan akan menilai bakat dan postur tubuh dari pelajar berpotensi di SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia mewajibkan finalis dan juara melakukan penilaian antopometri. Yang nantinya bertujuan untuk penilaian bagi PB PASI.

“Kemarin kita sudah bersyukur sekali ada wakil Jawa Barat yang juara di tingkat nasional. Walaupun sebenarnya kita nggak menyangka juga. Untuk tolak peluru memang diprediksi. Tapi untuk 100 meter, sebuah perolehan yang baik,” kata Ernawan.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tlak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan