Debut! SMAN 2 Cileungsi Tak Sabar Berlaga di SAC Indonesia 2023 West Java

JABAR EKSPRES SMAN 2 Cileungsi akan debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut mendelegasikan sebanyak 11 siswa. Yang mendominasi untuk nomor lintasan. Di antaranya, nomor lari jarak menengah 1.000 meter, nomor lari jarak pendek 100 meter hingga nomor estafet 4×100 meter.

Baca Juga: Deretan Sekolah Juara di West Java yang Bakal Comeback di SAC Indonesia

Menurut guru PJOK sekaligus pelatih atletik dari SMAN 2 Cileungsi, Rizkia Awit Herliana, para pelajar sekolah tersebut tidak sabar untuk bersaing dalam SAC Indonesia. Pasalnya, Rizkiana menganggap bahwa kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu begitu bergengsi.

“Anak-anak itu sampai memantau update dari SAC. Kemarin waktu pelaksanaan Sumatera Qualifiers, mereka semakin ingin segera bertanding,” kata Rizkia.

Atletik sebenarnya bukan hal baru bagi SMAN 2 Cileungsi. Sekolah tersebut telah mengantongi beberapa pengalaman perlombaan. Di antaranya O2SN dan Piala Gubernur Jawa Barat. Dengan SAC Indonesia, dan pengalaman yang ada, Rizkiana menyebut bahwa ia optimistias dan ingin melihat kemampuan SMAN 2 Cileungsi di kompetisi yang lebih besar. Saking seriusnya dalam menghadapi SAC Indonesia, sekolah tersebut telah berlatih sejak Juli lalu.

“Memang di sekolah kami belum ada ekstrakurikuler atletik. Masih terbatas pada komunitas. Jadi anak-anak yang sempat mengikuti kompetisi atletik itu berkumpul untuk latihan kembali. Lalu ada kabar tentang SAC Indonesia ini,” lanjut Rizkia.

SMAN 2 Cileungsi juga mengapresiasi konsep kompetisi bertingkat dari SAC Indonesia. Pasalnya, perlombaan ini mengutamakan pelajar tingkat sekolah reguler. Bukan hanya menyasar pada klub atletik. “Meskipun masih ada sekolah yang mungkin unggul di bidang atletik dan ikut SAC, itu tidak menyurutkan semangat kami. Mereka tetap latihan serius,” terang Rizkia.

Nantinya, siswa-siswi SMAN 2 Cileungsi akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Yang bakal diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung pada 22-24 September 2023 mendatang.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan