Cegah Stunting dengan Cara Urban Farming Microgreens Bisa Dicoba di Rumah!

Microgreens juga dapat dikombinasikan dengan berbagai menu makanan sehingga tidak hanya dalam bentuk tanaman saja.

Microgreens dapat disajikan sebagai salad, sandwich, smoothie, sup, dan bahkan jelly. Memanfaatkan manfaat microgreens untuk meningkatkan gizi masyarakat dapat menjadi langkah positif bagi kesehatan masyarakat.

Dengan mengintegrasikan microgreens ke dalam menu makanan anak-anak, mereka dapat membantu mereka tumbuh dengan sehat dan menghindari dampak berbahaya dari stunting pada masa depan mereka.

Kombinasi kandungan seng dan zat besi yang kaya membuat microgreens efektif dalam mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan anak-anak.

Respon masyarakat terhadap microgreens juga cukup menggembirakan karena pembuatannya yang tidak sulit. Program KKN-PPM Universitas Sriwijaya 2023 dilaksanakan di pekarangan rumah warga Desa Permata Baru, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Masyarakat dapat dengan cepat mengadopsi metode pertanian mikro.

Saat ini, microgreens menjadi salah satu pilihan untuk menanam sayuran di dalam ruangan karena dapat dilakukan dengan sederhana, mudah, murah dan tidak membutuhkan banyak tempat.

Konsep backyard greens dan pertanian keluarga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah malnutrisi atau pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak.

Microgreens juga dapat memberikan nutrisi kepada masyarakat dewasa melalui konsumsi sayuran yang diproduksi secara mandiri. Demikian juga, dalam skala yang lebih besar, microgreens dapat menjadi sumber alternatif suplementasi ekonomi bagi rumah tangga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan