Cegah Stunting dengan Cara Urban Farming Microgreens Bisa Dicoba di Rumah!

Demikian pula, kadar zat besi sangat penting dalam mendukung pertumbuhan yang optimal pada anak-anak. Kekurangan zat besi juga berkontribusi terhadap stunting. Sayuran hijau merah seperti selada merah kaya akan zat besi.

Analisis kandungan mineral antioksidan pada sayuran hijau dan sayuran matang sudah umum dilakukan.

Dalam sebuah studi oleh Yadav dan timnya, peneliti India yang diterbitkan dalam jurnal Agricultural Research yang diterbitkan pada tahun 2019 menunjukkan konsentrasi seng atau Zn yang lebih tinggi pada sayuran hijau, berkisar antara 4,76-29,12 mg/kg.

Berat segar dibandingkan dengan tanaman dewasa hanya berkisar antara 4,76-29,12 mg/kg berat segar. 1,23-5,50 mg/kg berat segar.

Demikian pula, konsentrasi Cu pada tahap hijau juga lebih tinggi dibandingkan dengan tahap dewasa.

Butkute dan timnya mempublikasikan hasil penelitian mereka pada tahun 2018 di jurnal Molecules, melaporkan bahwa microgreens memiliki kandungan Zn 0,6 hingga 3,2 kali lebih tinggi.

Penelitian Marchioni dan timnya yang dipublikasikan di jurnal Foods yang terbit pada 2021 menunjukkan bahwa kandungan antosianin pada 5 sayuran hijau keluarga Brassicaceae mencapai 405,53 μg/berat segar, lebih tinggi dari tahap matang.

BACA JUGA : Harus Pakai Tiap Hari! Ini Pentingnya Sunscreen Bagi Kecantikan Perawatan Wajah

Sedangkan pada tahap muda masing-masing hanya 172,51; 57,56; 52,29; dan 42,26 μg/berat segar. Bahkan Zhang dan tim peneliti Inggris melaporkan dalam Journal of Future Foods pada tahun 2021 bahwa studi in vitro dan in vivo menunjukkan bahwa microgreens mengandung senyawa anti-inflamasi, anti-kanker anti-bakteri dan anti-hiperglikemik, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Semua peneliti setuju bahwa kandungan nutrisi lebih tinggi pada tahap tunas mikro dibandingkan dengan tahap benih, perkecambahan, tunas, atau tahap dewasa.

Mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu anak-anak memenuhi kebutuhan seng dan zat besi, sehingga membantu mengurangi risiko stunting.

Di sisi lain, rasa sayuran hijau juga lebih renyah dan manis, sehingga anak-anak lebih menyukainya daripada sayuran hijau orang dewasa. Serat dalam sayuran hijau juga penting untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga dapat membantu menjaga sistem pencernaan anak Anda tetap sehat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan