Macam-macam Kiamat dalam Islam yang Penting Diketahui

4. Kiamat Orang-Orang Saleh (Al-Qariah)

Ini adalah kiamat kecil yang menandakan datangnya hari pembalasan bagi orang-orang yang melakukan perbuatan baik maupun buruk.

“Dan kamu akan melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal mereka tidak mabuk. Tetapi azab Allah itu sangat keras.” (QS Al-Qariah [101]: 2-3)

5. Kiamat Matahari Terbenam (Al-Takwir)

Ini adalah kiamat yang disebabkan oleh perubahan alam semesta dan tatanan langit. Matahari akan padam, bintang-bintang jatuh, dan langit terbelah.

“Apabila matahari terbenam. Apabila bintang-bintang jatuh terjun. Apabila gunung-gunung dirobekkan. Apabila unta-unta betina yang bunting ditinggalkan (karena takut pada musuh).” (QS Al-Takwir [81]: 1-4)

6. Kiamat Hewan-Hewan yang Dihidupkan Kembali (An-Naml)

Ini adalah kiamat kecil yang disebutkan dalam kisah Nabi Sulaiman, ketika burung-burung dan hewan-hewan di bawah kendalinya berkumpul bersama untuk menghadiri penghakiman Allah.

“Dan (Kami berikan) kepada Sulaiman kendali hewan ternak. Dia memilih satu tahunan daripadanya, (menghabiskannya) menjelang waktunya sampai binatang itu datang kembali kepadanya.” (QS An-Naml [27]: 16)

Penting untuk diingat bahwa konsep-konsep kiamat dalam Islam mencerminkan keyakinan bahwa pada suatu saat nanti, seluruh makhluk akan menghadap Allah untuk pertanggungjawaban atas perbuatannya di dunia.

Keyakinan ini merupakan bagian penting dalam ajaran agama Islam dan menekankan pentingnya akhlak, perbuatan baik, dan taubat kepada Allah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan