10.000 Kabel Pengisian Chevrolet Bolt EUV Ditarik! Kenapa?

JABAR EKSPRES- General Motors (GM) telah mengeluarkan penarikan kembali lebih dari 10.000 kabel pengisian yang dikirim sebagai bagian dari paket aksesori bersama beberapa kendaraan Chevrolet Bolt EUV tertentu. Tindakan ini diambil karena masalah perangkat lunak yang dapat menyebabkan sengatan listrik saat menggunakan kabel pengisian tersebut.

GM menginformasikan hal ini dalam surat pemberitahuan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), seperti yang dilaporkan pertama kali oleh Carscoops. Terdapat sekitar 10.825 kendaraan yang mungkin terpengaruh oleh penarikan kembali ini, dengan 9.423 di antaranya dikirimkan ke Amerika Serikat.

Khususnya, kabel pengisian yang terkena dampak recall ini adalah yang digunakan pada beberapa kendaraan Chevrolet Bolt EUV tahun 2022-2023. Namun, mobil-mobil yang diproduksi setelah tanggal 22 September 2022 tidak akan terpengaruh karena mereka sudah dilengkapi dengan kabel pengisian yang telah diperbarui.

 

Baca juga: Kawasaki Motor Ninja ZX-2RR 2024 Siap Meluncur ke Jalanan! Ini Harga dan Spek Canggihnya

Baca juga: Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Hybrid, Harga Terjangkau!

 

Kabel pengisian yang ditarik kembali merupakan bagian dari kabel pengisian Portabel Webasto generasi ketiga dengan nomor bagian 24044913. GM menjelaskan bahwa “kabel pengisian ini memiliki perangkat lunak yang tidak tepat dan mungkin gagal untuk menghentikan pengisian jika koneksi tanah terputus.”

GM juga mencatat bahwa jika sengatan listrik terjadi, sengatan tersebut akan berlangsung sangat singkat, hanya selama 1/40 detik dalam kondisi tertentu.

Pemilik kendaraan Chevrolet Bolt EUV yang terkena dampak akan diberitahu melalui email atau surat biasa. GM akan memeriksa kabel pengisian mereka dan menggantinya jika diperlukan, tanpa dikenakan biaya tambahan. Kendaraan yang masih ada di stok juga akan diperiksa dan ditahan sampai suku cadang pengganti tersedia jika gagal dalam pemeriksaan.

Penting untuk dicatat bahwa recall ini hanya berlaku untuk Chevrolet Bolt EUV, dan Chevrolet Bolt EV tidak terpengaruh. Chevrolet Bolt EUV dan Bolt EV sebelumnya juga telah menjadi bagian dari recall besar baterai pada tahun 2021, yang memengaruhi lebih dari 140.000 kendaraan, termasuk sekitar 100.000 di Amerika Serikat, seperti yang dilaporkan oleh Inside EV pada Jumat (8/9) waktu setempat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan