Mengatasi Insomnia Dengan Buah Cherry, Ini Cara dan Manfaat lainnya

JABAR EKSPRES – Buah Cherry sering kita temukan sebagai garnis atau hiasan di kue ulang tahun atau pada dessert yang manis. Bukan hanya sebagai hiasan, ternyata buah cherry juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi insomnia.

Buah cherry (ceri) masuk kedalam famili Rosaceae, yang juga mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Memiliki bentuk yang mungil dan warna merah yang sangat menggoda, buah cherry ternyata ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan tidur seperti insomnia.

Hal ini karena kandungan kalium dan zat antiradang pada cherry yang membuatnya efektif mengatasi insomsia. Caranya adalah dengan mengonsumsi jus cherry asam tanpa gula sebelum tidur, maka kamu akan mendapatkan efek mengantuk seperti obat tidur dan dijamin bisa mendapatkan tidur yang berkualitas setelahnya.

Baca juga :Pemkab Butuh Rp 14 M untuk PIRT

Selain bsia mengatasi insomnia, ternayta kandungan Cherry juga bsia untuk mengurangi risiko terkena hipertensi dan stroke. Tidak hanya itu, buah ceri juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, memulihkan otot, denyut jantung, hingga menyeimbangkan pH, berkat kandungan mineralnya

Cara memilih buah ceri

Dilansir dari lama alodokter, untuk mendapatkan kualitas terbaik, sebaiknya memilih cherry yang masih segar, masih ada batangnya, dan dalam keadaan dingin. Pastikan batangnya masih dalam kondisi baik dan berwarna hijau segar. Buah ceri yang baik biasanya berukuran besar, kulitnya berkilau, keras dan berwarna lebih gelap. Jangan memilih buah cherry yang kecil dan lembek atau buah ceri yang sudah cacat permukaannya.

Manfaat Buah Cherry

Selain bisa mengatasoi insomnia, ada bebrapa manfaat lainnya dari mengonsumsi Cherry, diantaranya :

1. Sumber antioksidan

Buah ceri kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam membantu memperlambat proses penuaan dan memerangi stres oksidatif. Buah ceri juga mempunyai kandungan senyawa flavonoid polifenolik atau dikenal dengan glikosida antosianin di mana dapat membantu mencegah penyakit penyumbatan darah (aterosklerosis).

2. Mengatur siklus tidur tubuh

Jika anda mempunyai gangguan tidur, cobalah makan buah ceri. Buah ceri memiliki antioksidan melatonin yang mempunyai efek menenangkan, mengurangi insomnia, mengurangi stres dan sakit kepala serta dapat membantu mengontrol emosi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan