Ketua MGMP Guru PJOK SMA Kota Bandung Apresiasi Gelaran SAC Indonesia

JABAR EKSPRES – Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifers sebentar lagi diselenggarakan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan digelar di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, pada 22-24 September. Tentunya, sekolah-sekolah dari seluruh Jawa Barat akan bersaing untuk mengirimkan wakil terbaik mereka.

Menurut Ketua MGMP Guru PJOK SMA Kota Bandung, Mohamad Taufik, S.Pd, penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia berdampak baik dalam kegiatan belajar mengajar sekolah. Khususnya bagi pengembangan bakat non akademik siswa.

“Saya tentunya mengapresiasi dan guru-guru juga senang. Dengan adanya kompetisi ini, artinya ada ruang uji coba bagi siswa-siswi yang berlatih olahraga atletik,” tutur Taufik.

Taufik menyebut bahwa sekolah-sekolah di Jawa Barat juga sebenarnya menanti penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Pasalnya, SAC Indonesia juga bisa menjadi ruang bagi mereka untuk latihan dan evaluasi. Apalagi SAC Indonesia memang ditunjukkan bagi siswa non profesional. “Ada ruang bagi mereka untuk mencoba atletik,” lanjut Taufik.

Dengan adanya SAC Indonesia, Taufik dan jajaran guru PJOK di Kota Bandung berharap generasi muda dapat mengembangkan bakatnya di cabang olahraga atletik. Sehingga regenerasi para atlet atletik terus berjalan. Tentunya tak lepas dari perhatian pemerintah dan lembaga lainnya.

Taufik memberikan contoh sosok Suryo Agung Wibowo. Yang bakatnya ditemukan oleh sang guru olahraga melalui lompat tinggi. Ia kemudian menjadi sprinter kebanggaan Indonesia. Dengan menjadi juara dalam SEA Games 2009. Membuatnya dijuluki sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara.

“Saya juga sempat ngobrol sama Mas Suryo. Ia sebetulnya juga bukan dari pembinaan tingkat lanjut. Suryo itu bakat alam. Nah, dengan adanya SAC Indonesia ini tentunya kami berharap ada banyak bakat alam yang bisa ditemukan,” tandas Taufik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023. Harapannya, West Java Qualifiers juga memiliki animo yang luar biasa seperti Sumatera Qualifiers.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan