Belum Padam, Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon Masuki Proses Pendinginan

JABAR EKSPRES — Hari ke 3 pasca kebakaran TPA Kopi Luhur, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tim gabungan masih berupaya untuk memadamkan api.

Adapun tim gabungan yang turun tangan memadamkan api dalam peristiwa kebakaran TPA Kopi Luhur yakni terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon, BPBD Kota Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup, dan TNI/POLRI menemui titik terang.

BACA JUGA: Buntut Kebakaran TPA Kopi Luhur, Ribuan Warga Cirebon Mengungsi di Tenda TNI dan Polri

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cirebon, Andi Wibowo menyampaikan bahwa di hari ketiga kebakaran TPA Kopi Luhur, pihaknya sudah memasuki upaya pendinginan. Meski demikian, Andi mengakui titik api masih ada bahkan bisa menimbulkan kebakaran baru.

“Sekarang juga memang masih ada yang menjadi potensi kebakaran lagi,” katanya kepada wartawan pada Senin, 11 September 2023.

BACA JUGA: Ribuan KK Terdampak Kebakaran TPA Kopi Luhur Kota Cirebon 

Lebih lanjut, Andi menyebutkan bahwa sebanyak dua titik api yang masih berpotensi menyala, menjadi fokus BPBD Kota Cirebon dan DPKP Kota Cirebon untuk melakukan pendinginan.

“Hari fokus ke titik tersebut, semoga penanganan kebakaran TPA ini cepat terselesaikan,” ujarnya.

BPBD Kota Cirebon mencatat luasan lahan yang terbakar hingga saat ini mencapai 1,5 hektar dari 5,2 hektar lahan sampah.

“Dari 1,5 hektar, yang masih berpotensi menyala sekitar 400 meter,” jelasnya.

Sementara, Andi mengatakan yang terlibat dalam pemadaman hari pertama hingga proses pendinginan ini melibatkan puluhan anggota dari tim gabungan.

“Totalnya 80 personil dari Damkar, BPBD, Polres Cirebon Kota yang menerjunkan watercanon, TNI/Polri, Brimob, DLH, dan pihak swasta juga yang membantu armada damkar,” tuturnya.

Ditanya soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pendinginan, Andi mengatakan butuh waktu sekitar 7 hari.

“Pendinginan ini sifatnya berkelanjutan ya, bertahap, tidak bisa sekaligus mengingat juga kondisi di lapangan, kondisi angin dan panas terik, jadi ini hari ketiga sudah masuk ke proses pendinginan,” tutupnya. (Mg7)

Tinggalkan Balasan