13 Dampak Trust Issue yang Bisa Mengganggu Perilaku dan Hubungan Seseorang

Baca juga : Catur, Seni Menguji Kesehatan Mental dan Jiwa Pemenang

7. Menjadi Pendendam

Sekali seseorang telah merusak kepercayaan atau membuatmu kecewa kamu akan sulit melupakannya. Kamu tidak akan pernah memaafkan atau mempercayai orang itu lagi.

8. Mudah Cemburu

Rasa cemburu dalam hubungan percintaan dianggap sebagai kombinasi kompleks antara pikiran (kecemburuan kognitif), emosi (kecemburuan emosional), dan perilaku (kecemburuan perilaku) yang dihasilkan dari ancaman yang dirasakan terhadap hubungan romantis seseorang.

9. Sulit Berkomitmen

Tanda lain dari trust issue adalah sulit menjalin komitmen. Ketika memiliki trust issue, kamu cenderung menghindari situasi yang menunjukkan kerentananmu kepada pasangan.

10. Selalu Memata-matai atau Memeriksa Ponsel Pasangan

Ketika memiliki masalah kepercayaan, kamu akan selalu mencari-cari petunjuk untuk membuktikan apakah pasanganmu jujur atau tidak. Karena tak percaya dengan pasangan, kamu selalu mencari bukti hanya untuk menenangkan pikiran atau menunjukkan jika kamu benar.

11. Merasa Takut Ditinggalkan

Ciri lain dari trust issue adalah kamu merasa takut merasa ditinggalkan atau ditolak baik dalam hubungan dengan pasangan, teman, maupun kolega. Misalnya saja ketika melihat foto temanmu mengunggah foto piknik, pikiran pertamamu adalah mereka tidak mengajakmu karena suatu alasan. Dalam hubungan percintaan, kamu secara konsisten merasakan ketakutan diputus pacar.

12. Menjadi Penyendiri

Jika kamu merasa lebih baik sendirian atau menjaga jarak dibandingkan berinteraksi dengan orang lain ini adalah tanda trust issue. Merasa lebih baik mengerjakan sesuatu atau semuanya sendirian ketimbang merasa dikecewakan oleh orang lain membuatmu berjarak dengan orang-orang terdekatmu.

13. Sulit Memiliki Hubungan Serius

Seseorang yang memiliki masalah kepercayaan hampir selalu berjuang untuk membangun hubungan yang sehat dan bertahan lama. Dia akan sulit membuka diri sepenuhnya terhadap orang lain karena tidak mudah percaya pada orang lain.

Itulah beberapa dampak yang bisa diketahui dari seseorang yang mengalami trust issue hingga kehilangan rasa percaya baik pada diri sendiri orang lain atau pada sesuatu hal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan