Kolaborasi Smartfren dan BMKG Cilacap dalam Program Edukasi Komunikasi Bencana untuk Generasi Muda di Cilacap

JABAR EKSPRES – Smartfren berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap menyelenggarakan kegiatan Teman Pintar Indonesia bertajuk “Komunikasi Bencana di Era Digital” yang berlangsung di Aula BMKG Tunggul Wulung Cilacap, pada Kamis, 7 September 2023.

Diikuti oleh 80 pelajar dan guru yang merupakan perwakilan dari 11 sekolah tingkat SMA di Cilacap. Acara dibuka oleh Bagus Pramujo selaku Kepala Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, dan dihadiri oleh Dani Akhyar, Head of Community Development & Public Relations Smartfren, Sumarsono, Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Cilacap, dan Didik Jatmiko, Leader Nasional Smartfren Community.

BACA JUGA: Dukung Generasi Digital Berkarya, Smartfren Perkenalkan Paket 100 GB – Rp100 Ribu untuk Pelanggan

“Pengetahuan tentang meteorologi, klimatologi dan geofisika itu perlu dipahami sejak dini supaya generasi muda punya pengetahuan tentang kepada penanggulangan risiko bencana alam. Oleh karena itu, BMKG Cilacap menggelar workshop bertemakan “Komunikasi Bencana di Era Digital” bagi pelajar di Kabupaten Cilacap. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Smartfren atas kolaborasi yag baik ini bagi masyarakat Cilacap,” ujar Bagus saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Cilacap, Sumarsono mengapresiasi langkah yang dilakukan BMKG Cilacap bersama Smartfren. “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi di wilayah Kabupaten Cilacap merupakan daerah rawan bencana gempa dan tsunami sehingga wawasan tentang meteorologi, klimatologi dan geofisika perlu disosialisasikan secara kontinyu kepada masyarakat, salah satunya kepada pelajar”, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Community Development & Public Relations Smartfren Telecom, Dani Akhyar dalam sambutannya mengatakan, Saat bencana, informasi menyebar cepat di media sosial dan seringkali muncul hoax atau berita palsu yang menyesatkan yang seringkali menambah jumlah korban. “Untuk itulah, peran literasi dan komunikasi kebencanaan di media digital sangat penting dan Smartfren bersama BMKG Cilacap mengambil peran di situ,” kata Dani.

Kerjasama Smartfren dan BMKG Cilacap ini dituangkan dalam Piagam Kesepakatan Bersama yang ditandatangani oleh Bagus dan Dani mewakili instansi masing-masing. Follow up dari kesepakatan bersama ini adalah penyelenggaraan kegiatan rutin tentang edukasi kebencanaan kepada siswa-siswi sekolah di Cilacap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan