Berikut Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Sehat & Terlindungi!

JABAR EKSPRES – Menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan terjaga merupakan suatu cara yang penting untuk melindungi diri dari berbabagi penyakit dan infeksi.

Untuk menjaga ketahanan tubuh tersebut terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan, berikut diantaranya:

Cara Menjaga Imun Tubuh

  • Periksa Kesehatan Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dengan dokter dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin memengaruhi sistem kekebalan tubuh kamu.

  • Cukup Istirahat

Tidur yang cukup sangat penting untuk pemulihan tubuh dan sistem kekebalan yang sehat. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam.

BACA JUGA: Menjaga Berat Badan Agar Tetap Sehat, Berikut Tipsnya!

  • Olahraga Teratur

Cara lain dalam menjaga imun tubuh agar tetap terjaga adalah dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur, dengan hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga berat badan yang sehat, yang semuanya mendukung sistem kekebalan yang kuat.

  • Minimalkan Stres

Stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk membantu meredakan stres.

  • Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol Berlebihan

Merokok dan minuman beralkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Lebih baik hindari atau batasi konsumsi mereka.

  • Jaga Kebersihan Diri

Cuci tangan dengan sabun dan air secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah kontak dengan orang yang sakit atau permukaan yang mungkin terkontaminasi.

BACA JUGA: Menjadi Sumber Nutrisi, Ketahui Manfaat Lain Kuning Telur!

  • Vaksinasi

Terkadang, vaksinasi dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi tertentu. Pastikan kamu mendapatkan vaksin yang dianjurkan oleh tenaga medis.

  • Konsumsi Nutrisi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein sehat, dan produk susu rendah lemak dapat memberikan tubuh kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan untuk sistem kekebalan yang kuat, dengan begitu hal tersebut dapat menjadi salah satu cara dalam menjaga imun tubuh tetap terlindungi.

  • Hindari Kontak Dengan Orang Sakit

Jika kamu tahu seseorang yang sakit, hindari kontak dekat dengan mereka untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan