Ketua BAPOPSI Bandung Dukung Penuh SAC Indonesia, Berharap Dapat Bibit Atletik

JABAR EKSPRES – Ketua Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Bandung, Edi Suparjoto, mendukung penuh gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023. Yang rencananya akan diselenggarakan pada 22-24 September 2023 di Stadion Arcamanik, Bandung. Menurut Edi, penyelenggaran Energen Champion SAC Indonesia dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan olahraga atletik di Jawa Barat.

“Kami menyambut baik penyelenggaraan SAC Indonesia. Karena kompetisi atletik seperti ini memiliki manfaatnya banyak. Misalnya terkait dengan menemukan dan mengembangkan bakat siswa. Yang nantinya bakat-bakat itu bisa kita bimbing lebih lanjut,” kata Edi.

SAC Indonesia dipercaya juga dapat mendorong sekolah agar dapat menyelenggarakan ekstrakurikuler atletik. Yang sampai saat ini jumlahnya tak sebanyak ekstrakurikuler olahraga permainan. Misalnya, basket dan sepakbola. “Jika ada pembinaan melalui ekstrakurikuler di sekolah, tentunya akan bermanfaat bagi sekolah untuk meneruskan bakat itu di kompetisi profesional seperti O2SN,” lanjut Edi.

Penyelenggaraan SAC Indonesia juga tak hanya berdampak pada sistem pembelajaran non akademik di sekolah. Melainkan juga berdampak pada motivasi pelajar dan track karier masing-masing siswa. “Atletik itu juga bisa mengantar siswa meraih prestasi, yang kemudian prestasi itu dapat dipakai ketika berada di perguruan tinggi. Juga menyehatkan,” terang Edi.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali digelar menggunakan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

West Java Qualifiers merupakan salah satu rumah potensial untuk bakat-bakat atletik. Khususnya untuk Kota Bandung. Banyak sekolah di Kota Bandung berhasil menembus babak National Championship, di Jakarta pada Januari 2023 lalu. Misalnya, SMAN 27 Bandung yang unggul di nomor 4×100 meter putri.

“Karena Bandung punya catatan yang bagus dalam SAC Indonesia musim lalu, saya berharap prestasi itu terus berlanjut. Tahun ini berharap bisa di semua nomor,” tambah Edi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan