Atlet Angkat Besi Eki Yuli Raih Dua Perak di Kejuaraan Dunia IWF 2023

JABAR EKSPRES – Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, berhasil meraih dua medali perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi, yang berlangsung hingga 17 September mendatang.

Eko yang turun di kategori 67kg putra memastikan medali perak setelah mengangkat total beban seberat 321kg. Ia juga mencatatkan rekor sebagai joki terbaik kedua dalam turnamen tersebut dengan angkatan 146kg.

Pada kategori recoil dan recoil, Eko berada di posisi ke-4 dengan berat badan 175 kg, tepat di belakang atlet Korea Lee Sang-yeon, yang hanya terpaut 1 kg di atas kekuatan Eko.63

BACA JUGA : Dua Rider Honda Team Asia Siap Hadapi Race Moto3 di MotoGP San Marino Akhir Pekan Ini

Sementara itu, medali emas menjadi milik atlet China, Chen Lijun, dengan total angkatan 333 kg. Chen juga berhasil meraih medali emas setelah mencetak rekor untuk angkatan jerk, jerk, dan top jerk terbaik masing-masing di angka 153kg dan 180kg.

Selain itu, medali perunggu di nomor angkatan recoil dan total angkatan di kategori 67 kg menjadi milik atlet Armenia, Gor Sahakyan, dengan catatan masing-masing 142 kg dan 312 kg.

Dengan hasil ini, langkah Eko menuju Olimpiade Paris 2024 semakin mudah karena ia akan bertanding di kelas 61 kg yang akan diikutinya.

Hal ini menyusul Kejuaraan Dunia Angkat Besi, sebuah

6ajang kualifikasi wajib untuk Olimpiade Paris 2024, yang berarti para atlet angkat besi harus berkompetisi untuk mengamankan tempat di Olimpiade tahun depan.

BACA JUGA : Total Tujuh Kali Menang di MotoGP Misano, Marc Marquez Optimis Raih Juara Kali Ini

Dalam empat Olimpiade sebelumnya, Eko, yang kini berusia 34 tahun, telah memenangkan empat medali untuk Indonesia. Eko meraih dua medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008 (kategori 56 kg) dan Olimpiade London 2012 (kategori 62 kg). Sedangkan medali perak diraihnya di Olimpiade Rio 2016 (kelas 62 kg) dan di Olimpiade Tokyo 2020 (kelas 61 kg).

Sementara itu, para atlet angkat besi terbaik dunia telah berkumpul di Riyadh, Arab Saudi untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023, yang akan berlangsung pada 4-17 September mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan