10 Landmark Negara ASEAN yang Wajib Dikunjungi!

JABAR EKSPRES – Setiap negara termasuk negara-negara anggota ASEAN pasti memiliki bangunan yang meanjadi ciri khasnya atau dikenal sebagai landmark atau ikon.

Tak hanya jadi simbol khas, landmark juga menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke negara-negara ASEAN.

Baca Juga: Menu Nusantara Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN, Ada Rawon dan Daging Kecap Jawa!

Landmark di setiap negara ASEAN memiliki berbagai bentuk yang beragam, mulai dari patung, jembatan,  tempat ibadah, gedung pencakar langit, hingga menara.

Sebuah landmark umumnya memiliki nilai sejarah negara-negara tertentu dan juga bentuk yang sangat indah.

Berikut Landmark Negara-negara ASEAN yang Bisa Dikunjungi:

  1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin (Brunei Darussalam)

Masjid ini dibangun di atas kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. Masjid ini memiliki menara marmer dengan kubah emas, dilengkapi taman yang permai dan air mancur.

Taman indah yang mengelilingi masjid melambangkan taman surgawi dalam kepercayaan Islam. Sebuah jembatan membentang di tengah laguna menuju Kampong Ayer di tengah sungai.

  1. Trump Tower (Filipina)

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 250 meter. Desain menara ini juga disebut-sebut sebagai karya arsitektur paling canggih di Filipina.

Yang mana, keseluruhan eksterior gedung berbahan kaca dan rangka baja, serta tirai berkilau yang semakin mempercantik tampilannya di tengah-tengah ibu kota Manila.

  1. Monumen Nasional (Indonesia)

Gedung monas memiliki ketinggian 132 meter, dengan puncak berlapis emas. Pembangunan Tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi penerus bangsa.

  1. Angkor Wat (Kamboja)

Angkot Wat merupakan bangunan keagamaan terbesar di dunia karena menempati lahan seluas 162,6 hektar (1,626 km²).

Angkor Wat dibangun pada awal abad ke-12 sebagai candi kenegaraan oleh Raja Suryawarman II di Yasodarapura.

Mahakarya arsitektur Khmer langgam klasik ini merupakan salah satu situs peziarahan utama umat Buddha Kamboja maupun umat Buddha dari seluruh penjuru dunia.

  1. Pha That Luang (Laos)

Vihara dengan stupa yang terbuat dari emas, candi ini terletak di pusat kota Vientiane, Laos. Sejak awal pembangunannya yang diyakini pada masa abad ketiga, candi ini mengalami beberapa renovasi sampai tahun 1930 karena invasi-invasi asing di daerah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan