Menu Nusantara Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN, Ada Rawon dan Daging Kecap Jawa!

JABAR EKSPRES – Menu khas Nusantara Indonesia telah sukses dihidangkan di Gala dinner KTT ke43 ASEAN pada hari Rabu, 6 September 2023.

Gala dinner atau jamuan makan malam merupakan salah satu rangkaian acara dari KTT ke-43 ASEAN 2023.

Baca Juga: Makna Dibalik Simbol Logo KTT ASEAN 2023, Ada Burung Maleo!

Pemilihan menu makanan dalam Gala dinner dinilai sangat penting. Untuk itu, juru masak terkenal yaitu Chef Arnold Poernomo bertugas memimpin tim yang bertugas menentukan menu makanan yang akan dihidangkan.

Untuk jamuan santap malam, Arnold berkolaborasi dengan sejumlah koki lain yang terkenal di antaranya Degan Septoadji dan Hans Christian.

Chef Arnold menjelaskan bahwa menu bagi para kepala negara ASEAN dan para tamu bertema “Nusantara  The Forest”. Mulai dari menu Andaliman, Kecap Jawa, hingga Rawon pun dihidangkan.

Menu Gala dinner KTT ke-43 ASEAN ini terdiri dari Appetizer (Menu pembuka), Main Course (Hidangan utama), dan juga Deseert (Menu penutup).

Berikut Menu Khas Nusantara Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN:

Appetizer (Menu pembuka)

  • Tamu VVIP: Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara, yang terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, saus aioli andaliman, kuaci, dan baby spinach (bayam).
  • Tamu VIP: Asean Assiette atau “piring” ASEAN, terdiri dari Chicken Mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), tart bebek betutu, beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

Main Course (Hidangan utama)

  • Tamu VVIP: Daging Kecap dari Jawa, terdiri dari daging pipi sapi masak kecap Lampung, kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.
  • Tamu VIP: Nasi Campur Nusantara dari Sumatera Barat dan Rawon dari Jawa Timur, terdiri dari nasi kemangi, iga sapi dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.

Dessert (Menu penutup)

Nusantara Urban Forest (IKN), terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine  apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau).

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Keenam Kalinya, Intip Deretan Penyelenggaran KTT ASEAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan