Sampah Terus Menumpuk, Bandung Siapkan 2 Hektare Lahan di Gedebage 

JABAR EKSPRES  -Masalah sampah tak kunjung usai, penanganan sampah di Bandung kini jadi sorotan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah menyiapkan lahan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara, di wilayah Gedebage.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudy Prayudi menjelaskan, rencananya lokasi TPS sementara itu bakal menampung sampah yang diangkut di titik-titik prioritas, yakni sampah di sepanjang jalan.

“Karena kami sudah tidak memiliki tempat lagi, kita sudah buka lahan yang (milik) Dishub di Ciwastra. Itupun sekarang sudah penuh,” ungkap Dudy kepada wartawan, di Balai Kota Bandung, pada Kamis (7/9).

BACA JUGA: Masalah Sampah Belum Teratasi, 135 TPS di Kota Bandung Masih Overload

Dia menuturkan, pihaknya sekarang menyiapkan akses jalan, serta dirinya berharap supaya rencana tempat sementara di Gedebage itu bisa segera selesai.

“Luas sementara yang akan digunakan sekitar 2 hektare. Kami perkirakan bisa menampung sekitar 10.000 ton, sampah campur,” tuturnya.

Lalu nanti, kata Dudy, pihaknya bakal menyemprotkan echoenzim. Menurutnya halaman itu akan mempercepat proses sampah menjadi kompos dan mengantisipasi aroma tak sedap yang ditimbulkan.

“Kami berharap di pekan ini (siap beroperasi). Tapi tergantung teman-teman (OPD). Kami upayakan sebelum tanggal 11 (September 2023),” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan