Antisipasi Banjir dan Longsor, Pemdes Ciadeg Fokuskan Program Samisade untuk Pembangunan TPT dan Jalan

Jabarekspres.com, BOGOR -Pemerintah Kabupaten Bogor kembali mengucurkan anggaran untuk program Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

Pada tahun ini, Pemkab Bogor menggelontorkan anggaran yang dialokasikan untuk Samisade itu sebesar Rp407 Miliar.

Samisade yang terakhir di masa Jabatan Bupati Bogor Iwan Setiawan ini menargetkan 727 titik lokasi pembangunan infrastruktur desa.

BACA JUGA: Butuh Uluran Tangan, Ini Cerita Salam Hermawan yang Buah Hatinya Menderita Hispopadia

Salah satu desa di Kabupaten Bogor yakni Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong memfokuskan anggaran Samisade tahap pertama untuk pengaspalan jalan dan pembangun Tembok Penahan Tanah ( TPT ).

Kepala Desa Ciadeg, Wahyu Rahayu menjelaskan, pihaknya memfokuskan TPT sebagai bentuk antisipasi terhadap bencana.

“Kami memang fokus pada pengaspalan dan pembangunan TPT mengingat tanah yang labil, mengantisipasi sering longsor susulan, maka nya kita prioritas kan ke tpt tpu,”kata Wahyu Rahayu kepada Jabarekspres.com, Kamis (7/9).

Kemudian kata dia, pengaspalan dilakukan untuk mendorong mobilisasi warga dalam keseharian mencari nafkah.

“Jalan ini kan memang dibutuhkan warga, dengan jalan yang bagus, tentunya tidak akan jadi penghambat perputaran ekonomi di kalangan masyarakat,” paparnya.

Wahyu Rahayu mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bogor dengan adanya program Samisade ini dapat membantu insfastruktur  di desa menjadi lebih baik.

Ia juga berharap program ini tak hanya pada masa jabatan Bupati Bogor Iwan Setiawan saja.

“Ini kan Samisade di akhir masa jabatan Bupati Bogor, saya berharap program ini terus berjalan, siapapun nanti Bupatinya, karena ini sangat positif dan membantu serta dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya (SFR)

Writer: Sandika FadilahEditor: Tiara Disa Pratiwi

Tinggalkan Balasan