Kawasan GBLA Jadi TPS Sementara Lainnya Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Akibat pembatasan pembuangan sampah ke TPA Sarimukti membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terpaksa membuat TPS sementara. Kali ini, TPS sementara tersebut akan dibuat di Gedebage.

Lokasi pembuatan TPS sementara untuk Kota Bandung itu merupakan lahan yang sebelumnya direncanakan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

TPS sementara yang akan dibangun oleh Pemkot Bandung tersebut berada di kawasan Stadion Bandung Lautan Api (GBLA). Di sana, Pemkot Bandung mengklaim memiliki tanah seluas 25 hektare.

“Kita ada lahan di sini 25 hektar milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara,” ungkap Ema Sumarna, Plh Wali Kota Bandung saat meninjau lokasi tersebut, 6 September 2023.

BACA JUGA: 100 Persen TPS di Kota Bandung Overload, Pemkot Ambil Langkah Sporadis

Ema Sumarna mengungkapkan, saat ini Kota Bandung masih kesulitan mencari lokasi untuk membuang sampah akibat pembatasan di TPA Sarimukti. Hal itu membuat sampah di Kota Bandung tertahan.

“Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimuki itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter,” ucapnya, dilansir dari Pemkot Bandung.

Ema Sumarna menerangkan, pembuangan sampah di TPS sementara nantinya tidak dikubur seperti di Tegalega, melainkan membuang seperti biasa.

“Lahan yang digunakan ini 2 hektar. Rencana 1 sampai 2 hari pengerjaan lahan ini akan selesai, jadi setelah itu sampah bisa dibuang ke sini,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah membuat TPS sementara di wilayah Tegalega dan Cibiru untuk mengantisipasi penumpukan sampah di Kota Bandung. (*)

BACA JUGA: 2 TPA Darurat Disiapkan Pemkot Bandung Imbas Kebakaran TPA Sarimukti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan