Buang Sampah Sembarangan, Ratusan Warga Cimahi Terciduk Petugas

JABAR EKSPRES – Patroli Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mendapati sekitar 200 warga yang masih membuang sampah sembarangan. Patroli tersebut dilakukan di jalan-jalan protokol kota oleh 75 personel DLH.

“Hasilnya kita dapati sekitar 200 orang yang ketahuan buang sampah sembarangan, yang melanggar,” ucap Kepala DLH Kota Cimahi, Chanifah Listyarini pada Rabu, 6 September 2023.

Chanifah Listyarini mengungkapkan, pihaknya tidak akan memberi sanksi berat kepada pelaku pembuang sampah itu. Pihaknya hanya memberikan teguran peringatan dan edukasi kepada para pelanggar.

Masyarakat yang terciduk membuat sampah sembarangan tersebut dipersilakan membawa barang bawaannya ke rumah lagi. Diharapkan, masyarakat tidak lagi melakukan hal serupa sebab perilaku itu akan memicu penggunungan sampah di kota tersebut.

BACA JUGA: Cimahi Terancam Jadi “Lautan Sampah”, Pemkot Imbau Warga Pilah Sampah

Dengan krisinya tempat pembuangan sampah saat ini membuat perilaku membuang sampah sembarangan semakin menjadi. Oleh karena itu, DLH Kota Cimahi akan terus melakukan patroli agar para pelanggar mendapatkan efek jera.

Hingga kini, sampah di kota tersebut belum bisa diangkut ke TPA Sarimukti karena lokasi tersebut belum beroperasi secara normal. Akibatnya, tumpukan sampah liar menjadi-jadi di kota tersebut.

Selain itu, Kota Cimahi telah menggunakan jatah pembuangan sampahnya ke zona darurat TPA Sarimukti. Sehingga hal ini memperburuk keadaan di sana.

“Kita kan hanya dikasih 600 ton di zona super darurat itu. Tumpukan banyak karena dibatasi ritase. Makannya saya maksa warga buat pilah sampah,” jelas Chanifah Lisyarini, dilansir dari Pemkot Cimahi. (*)

BACA JUGA: Buang Sampah Sembarangan di Cimahi Bakal Didenda Rp50 Juta

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan