Gelar Reses III, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Mengajak Masyarakat Menanam Pohon

Jabar Ekspres – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Teguh Widodo mengadakan kegiatan reses III tahun 2022-2023 di lapak Bibit, Kelurahan Sukahati, Kabupaten Bogor, Rabu (6/9).

Dalam reses tersebut, anggota komisi V itu menyerap banyak aspirasi dari masyarakat mulai dari sektor pendidikan, infrastruktur, ketenagakerjaan, kesehatan dan pertanian.

Teguh Widodo menyampaikan, tema reses kali ini mengajak masyarakat untuk bergeliat budidaya pohon anggur untuk mengurangi emisi gas karbon.

BACA JUGA: Kembangkan Buah Anggur Selepas Tugas jadi Babinsa

“Hari ini ada pelatihan menanam pohon anggur, tadi ada keluhan dari temen-temen petani terkait dengan harga pupuk,” kata Teguh kepada Jabar eskpres.

Dengan diadakan kegiatan pelatihan budidaya anggur itu dapat memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Nah kenapa kita ambil reses dengan pola seperti ini. Karena kita ingin adanya edukasi ke warga masyarakat. Kita undang lurah biar kemudian aspirasi temen-temen yang nanam anggur itu ada jalur, semisal mau buat kelompok tani dan lainnya,” paparnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan budidaya pohon anggur ini dapat meningkatkan giat menanam pada diri masyarakat.

“Kita harap masyarakat dapat menanam, Pohon anggur ini kan banyak manfaatnya biasa meningkatkan perekonomian juga kalo diseriusi,” tutupnya.

Sementara itu, pemilik kebun lapak bibit, Ruslan mengungkapkan, dirinya membudidayakan bermacam-macam tanaman buah. Namun yang menjadi unggulan yakni tanama anggur dan alpukat.

Jenis tanaman anggur di lapak Bibit miliknya itu memiliki 50 jenis anggur yang unggul diantaranya, jenis Ninel, Jupiter, akdemik, transfigurasi, gozv, baikonur, moondrop, harol, Everest, veles, banana, Livia, STQ, Dixon dan lainya.

Ruslan pun menjelaskan untuk perawatan anggur dilajukan penyiraman sebanyak dua hari sekali dengan pemupukan seperti fase vegetatif, NPK, Magnesium sulfat, dan pupuk micro diberikan setiap 14 hari sekali serta fase generatif, KNO3 putih, MKP, Boron diberikan per minggu, sebanyak empat kali.

BACA JUGA: Sukses Tanam Anggur di Rumah, Haris Warga Sumedang Kini Mulai Lebarkan Sayap di Dunia Bisnis

Anggur impor akan dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam di bawah naungan plastik UV atau di dalam green house, itu yang tadi kami berikan edukasi kepada warga,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan