Bangunan Heritage RPH Bandung Terancam Dibongkar, Ini Tanggapan Dispangtan

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Bangunan bersejarah yang saat ini difungsikan sebagai rumah potong hewan (RPH) di sekitar kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, terancam kena pembongkaran imbas pembangunan Fly Over Ciroyom.

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menjelaskan, diperkirakan ada sekitar 16 meter lahan di Dispangtan yang terkena pembangunan fly over tersebut.

Kendati demikian, dia menuturkan, sampai sekarang pihaknya belum mendapatkan rekomendasi pembongkaran dari Disparbud ataupun Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

BACA JUGA: Urai Kemacetan Kota Bandung, Fly Over Ciroyom Diharapkan Rampung Akhir Tahun 2023

“Yang heritage ini mulai dari Pos Jabar menjorok ke balakang. Dan kita tidak akan membiarkan itu (pembongkaran) sebelum terima rekomendasi tertulis,” tutur Gin Gin ketika dihubungi, pada Rabu, 6 September 2023.

Lantas pembongkaran bangunan, sebetulnya sama sekali belum dilakukan. Terlebih bangunan tersebut masuk kategori bangunan bersejarah tipe A.

Dia berharap, kontruksi bangunan awal dan akhir setelah pembongkaran tidak berubah. Sekalipun tidak menutup kemungkinan bakal ada perubahan kontruksi pada fly over.

“Kalau diubah nanti akan ambil lahan punya warga, bukan milik pemerintah. Kami masih menunggu dan memantau karena selama ini juga selalu kita rawat dan pelihara,” pungkasnya.

BACA JUGA: Balai Kota Bandung: Dari Gedung Kopi, Kini Jadi Bagian Penting Negeri

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan