Tips Wawancara KIP Kuliah 2023, Dijamin Lolos!

JABAR EKSPRES- Kamu merupakan tipe orang yang suka gelagapan dan nervous ketika wawancara? Simak di sini tips sukses wawancara KIP Kuliah 2023 agar kamu lolos!

KIP Kuliah atau KIPK merupakan salah satu bantuan dari pemerintah kepada anak SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Beasiswa ini akan memberikan dana kepada calon penerimanya untuk keperluan perkuliahan dan biaya hidup.

Tetapi, dana yang diberikannya tak sama, tergantung letak universitas atau perguruan tinggi.

Nah, tak sembarangan orang yang bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah 2023 ini. Harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para penerima seperti:

  1. Calon penerima KIP Kuliah Merdeka harus merupakan siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sekolah sederajat yang telah lulus pada tahun 2023, 2022, atau 2021.
  2. Mereka harus lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di semua jalur masuk, baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), asalkan program studi yang mereka pilih telah terakreditasi.
  3. Calon penerima juga dapat merupakan mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.
  4. Mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau mendapatkan bantuan sosial dari program-program yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial, seperti:

-Program Keluarga Harapan (PKH)

-Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)

-Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Baca juga: Segini Uang yang Diterima Mahasiswa KIP Kuliah 2023 Semester Ganjil!

  1. Calon penerima juga termasuk dalam kelompok masyarakat miskin atau rentan miskin dengan batasan maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), yang telah ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
  2. Mahasiswa yang berasal dari panti sosial atau panti asuhan juga memenuhi syarat.
  3. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari empat kriteria di atas, mereka masih dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka, selama mereka memenuhi persyaratan sebagai keluarga miskin atau rentan miskin, yang dapat dibuktikan dengan:

Baca juga: Uang KIP Kuliah 2023 Akan Ditransfer Tanggal Segini! Siap-siap!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan