Siap Gantikan Ridwan Kamil, Bey Machmudin Resmi Dilantik sebagai Pj Gubernur Jawa Barat Hari Ini

JABAR EKSPRES – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik sembilan Penjabat (Pj) Gubernur termasuk Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. Sejak Selasa, 5 September 2023 hari ini, ia telah sah menggantikan Ridwan Kamil untuk memimpin Provinsi Jawa Barat.

Seperti diketahui bahwa pelantikan sembilan Pj Gubernur termasuk Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin digelar pada Selasa, 5 September 2023 hari ini di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Adapun pelantikan tersebut sudah diatur dengan Keppres 74/P/2023 Tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

BACA JUGA: Masa Jabatannya Berakhir Hari Ini, Ridwan Kamil Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Kemendagri

Dalam momentum pelantikan PJ Gubernur termasuk Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Mendagri Tito Karnavian pun membacakan sumpah. Ucapan sumpah tersebut kemudian diikuti oleh Sembilan Pj Gubernur.

“Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturanya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, negara, dan bangsa,” kata Mendagri, Tito Karnavian yang diikuti oleh para Pj Gubernur di Kemendagri pada Senin, 5 September 2203.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Titipkan Ini ke Bey Machmudin, Usai Resmi Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Jawa Barat

Dalam pelantikan tersebut, gturut hadir sejumlah Gubernur dari beberapa Provinsi yang masa jabatannya resmi habis pada hari ini. Si antaranya yakni Ridwan Kamil yang didampingi oleh sang istri, Atalia Praratya.

Tak hanya itu, ada hal menarik dari Ridwan Kamil. Ia hadir ke Kemendagri dengan mengemudi mobil volvo biru sendiri tanpa sopir. Perjalanan itu pun ia tempuh dari Bandung ke Jakarta. Terlihat pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengenakan jas berwarna hitam.

Selain Bey Machmudin, Mendagri Tito Karnavian juga melantik delapan Pj lainnya, di antaranya yakni sebagi berikut.

1. Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

2. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana

3. Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudi

4. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jay

5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasuku

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan