Laris Manis! BPBD Kabupaten Cirebon Kirim Permintaan Air Bersih Setiap Hari ke Desa-desa

CIREBON, JABAR EKSPRES — BPBD Kabupaten Cirebon masif kirim air bersih ke masyarakat, selama musim kemarau ini. Kali ini, kejadian kekeringan mulai terjadi Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

Musim kemarau seperti kondisi saat ini, membuat pelayanan air PDAM di desa tersebut jarang mengalir, diperparah dengan air sumur yang mulai mengering. Kondisi tersebut, dirasakan masyarakat di Desa Panguragan selama 3 minggu terakhir, mereka terpaksa mengandalkan air galon yang dibeli di desa tetangga.

“Yang kekeringan di Desa kami, ada 2 blok yang terdiri dari 18 RT. Disini air PDAM jarang mengalir, sumur juga kering. Jadi kita kekurangan air bersih,” kata Kepala Desa Karanganyar M. Yakub, Selasa 5 September 2023.

Yakub menjelaskan kekeringan yang menyebabkan krisis ini, terjadi setiap tahun saat musim kemarau. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon agar dikirim bantuan.

BACA JUGA: Buruh Cuci di Cirebon Kesulitan Air Bersih, Polisi Hadiahkan Sumur Bor

“Alhamdulillah setelah kita ajukan. Pihak BPBD Kabupaten Cirebon mengirimkan 2 tangki air bersih, dibagikan ke masyarakat yang mengalami kekurangan,” ujarnya.

Dia berharap bantuan ini bisa diberikan secara rutin, setiap minggu. Hal ini dilakukan agar dapat membantu warga Desa Karanganyar memenuhi kebutuhan air bersih untuk kegiatan sehari-hari.

Sementara itu, Kordinator lapangan BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan menambahkan, bantuan ini merupakan dari Bupati Cirebon melalui Kalak BPBD Kabupaten Cirebon. Dalam satu hari sedikitnya sebanyak dua desa dikirimi bantuan air bersih, antara lain Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan dan Desa Winduhaji, Kecamatan Sedong.

BACA JUGA: Cirebonkab Saber Hoaks Sabet Penghargaan Anti Hoaks of The Year

“Masing-masing desa kita kirim 8.000 liter air bersih, kami harapkan masyarakat bisa memanfaatkan untuk bantuan ini, jangan sampai disalahgunakan menyiram untuk MCK. Bantuan ini digunakan untuk minum dan masak ya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, semenjak 2 Agustus 2023 sampai dengan saat ini, pihak BPBD Kabupaten Cirebon aktif memberikan bantuan ini kepada Desa yang mengalami krisis. Masing-masing Desa diberikan 8.000 liter air bersih, untuk satu kali pengiriman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan