Kritik Langkah Partai NasDem Duetkan Anies Baswedan – Cak Imin, SBY: Really Ugly!

JABAR EKSPRES – Langkah Partai NasDem menduetkan Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pasangan bakal Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024 mendatang disoroti Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia menilai bahwa Langkah tersebut sangat kasar dan tidak patut.

SBY mengakui bahwa dalam dunia politik memang penuh siasat, taktik, dan strategi. Akan tetapi, katanya, ia menilai bahwa tindakan Partai NasDem menduetkan Anies Baswedan dan Cak Imin yang menggantikan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah melebihi batas.

BACA JUGA: NasDem Tak Jadi Laporkan SBY ke Bareskrim Polri

Bahkan SBY mengatakan bahwa hal tersebut belum ia temui selama bertarung dalam Pilpres. Ia juga menegaskan bahwa Langkah tersebut really ugly.

“Saya mengerti, kita semua mengerti, politik itu memang penuh siasat, penuh taktik, dan caranya banyak; tetapi saya tidak menyangka kalau tindakan itu sejauh ini, menurut saya, melebihi batas kepatutan moral dan etika dalam politik. Ya, kasar, kalau bisa menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris it is really ugly,” kata SBY saat menyampaikan arahan dalam Sidang Majelis Tinggi Partai Demokrat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Jumat, 31 Agustus 2023.

BACA JUGA: Hebohkan Jagat Maya, SBY Ungkap Mimpi Jemput Megawati Bersama Presiden Jokowi

Lebih lanjut, SBY mengingatkan para pengurus Partai Demokrat agar tidak menempuh cara-cara yang tidak patut, tidak sesuai etika, dan tidak bermoral dalam berpolitik. SBY juga mengungkapkan percakapannya dengan sejumlah rekan-rekan terdekatnya yang sempat mempertanyakan keputusan Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Perubahan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal Capres untuk Pilpres 2024.

“Sebenarnya, beberapa teman sudah mengingatkan saya agak lama, baik dari kalangan kader Demokrat maupun dari luar Demokrat. Begini, Pak SBY benar-benar percaya kepada orang itu, atau kepada orang-orang itu? Saya jawab dengan praduga yang baik, dengan prasangka yang baik, saya percaya. Silakan saja dilihat nanti, yang penting saya sudah mengingatkan,” kata SBY menirukan pendapat teman-teman di lingkaran dekatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan