Kawasan Masjid Al Kamil Cocok Dibangun Pusat Observasi Bulan

JABAR EKSPRES – Ketua Badan Hisab dan Rukyat Daerah Jawa Barat (BHRD Jabar), Encup Supriatna mengungkapkan bahwa kawasan Masjid Al Kamil di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang layak dibangun Pusat Observasi Bulan (POB).

Melansir dari Pemkab Sumedang, Encup Supriatna beralasan bahwa kawasan Masjid Al Kamil tidak kalah dengan Pangandaran dan Sukabumi untuk melihat rukyat.

“Jabar memang memiliki beberapa titik untuk lokasi rukyat, dan setelah kami melakukan survai ternyata kawasan Al Kamil hasilnya tidak kalah dengan Pangandaram dan Sukabumi,” ucap Encup Supriatna dalam acara pelatihan Ilmu Falak di Kabupaten Sumedang, 4 September 2023.

BACA JUGA: Sejumlah Tokoh Agama di Sumedang Teken Pakta Kerukunan Antar Agama

Menurutnya, kawasan Masjid Al Kamil terletak di lokasi yang begitu strategis. Andai POB dibangun, bangunan itu dapat berdampingan dengan masjid tersebut.

Selain itu, berdasarkan rencana, kawasan Masjid Al Kamil juga akan dibangun hotel dan restoran. Hal ini memungkinkan lokasi tersebut sebagai lokasi wisata baru di Kabupaten Sumedang.

“Tentu ini sangat mendukung terutama dalam pengembangan POB sebagai destinasi wisata religi,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil survey ini, BHRD Jabar akan melakukan koordinasi dengan Kanwil Kemenag Jabar dan Pemprov Jabar perihal pembangunan POB di sana. Terlebih Jawa Barat belum memliki POB, padahal provinsi tersebut memiliki potensi. (*)

BACA JUGA: Jans Park sebagai Wisata Popular dan Disneyland Pertama yang ada di Jatinangor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan