Jangan Sepelekan! Ini Dia 5 Gejala Baby Blues dan Cara Mengatasinya

JABAR EKSPRES – Gejala Baby blues biasanya sering terjadi terhadap wanita setelah melahirkan. Namun hal ini tidak bisa disepelekan karena bisa berdampak negatif bagi si ibu dan anak jika tidak cepat ditangani.

Setelah melahirkan, banyak perempuan yang mengalami perubahan emosional yang signifikan. Perubahan ini sering kali disebut dengan istilah “Gejala baby blues” atau “kesedihan setelah melahirkan”.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Kram dan Cara Mencegahnya!

Gejala baby blues adalah kondisi emosional yang umum terjadi pada ibu setelah melahirkan dan ditandai dengan gejala perubahan mood, kelelahan, dan sensitivitas yang meningkat.

Baby blues umumnya sering muncul dalam beberapa hari pertama hingga minggu pertama setelah melahirkan dan dapat berlangsung selama beberapa minggu kemudian.

Berikut 5 Gejala Baby Blues yang Harus Diketahui:

  1. Perubahan Mood

Salah satu gejala utama baby blues adalah perubahan mood yang tiba-tiba dan intens. Ibu mungkin merasa sedih, gelisah, cemas, atau mudah marah tanpa alasan yang jelas.

Mereka yang mengalami baby blues juga dapat merasa sangat sensitif dan mudah menangis.

  1. Kelelahan

Melahirkan adalah pengalaman yang melelahkan secara fisik dan emosional. Setelah melahirkan, tubuh ibu perlu waktu untuk pulih dan beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi.

Kelelahan yang berlebihan adalah gejala umum baby blues yang dapat membuat ibu merasa lemah dan kurang energi.

  1. Gangguan Tidur

Tidur yang tidak teratur atau terganggu adalah salah satu gejala baby blues yang umum. Ibu mungkin mengalami kesulitan tidur meskipun merasa sangat lelah.

Pikiran yang gelisah dan perasaan cemas dapat membuat sulit bagi ibu untuk tidur nyenyak dan nyaman.

  1. Ketidakmampuan Menikmati Hal-hal yang Biasa

Beberapa ibu yang mengalami baby blues mungkin merasa kehilangan minat atau kesulitan menikmati hal-hal yang biasa mereka sukai.

Aktivitas yang sebelumnya membawa kegembiraan dan kepuasan dapat terasa hambar atau tidak berarti bagi ibu yang mengalami baby blues.

  1. Perubahan Nafsu Makan

Gejala lain dari baby blues adalah perubahan nafsu makan. Beberapa ibu mungkin kehilangan selera makan dan mengalami penurunan nafsu makan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan