Green Service Satpas Polresta Cirebon Diupgrade, Kini Makin Banyak Bank Sampah yang Dimiliki

JABAR EKSPRES — Layanan Green Service Polresta Cirebon dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon, diupgrade, Selasa (5/9/2023).

Peningkatan layanan Green Service yang dilaunching sejak setahun lalu tersebut turut dihadiri Forkompimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, dalam upgrading tersebut layanan Green Service yang semula hanya memiliki dengan 10 bank sampah, dan saat ini sudah memiliki 27 bank sampah. Sehingga penanganan sampah di Kabupaten Cirebon semakin berjalan maksimal.

BACA JUGA: Laris Manis! BPBD Kabupaten Cirebon Kirim Permintaan Air Bersih Setiap Hari ke Desa-desa

Dalam layanan Green Service tersebut masyarakat dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik.

Selain itu, masyarakat mendapatkan layanan prioritas tanpa mengantre dan lainnya.

“Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

Pasalnya, nasabah bank sampah tersebut akan mendapatkan layanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon.

Sehingga mereka bakal mendapatkan banyak keuntungan dalam layanan yang diinginkannya dari mulai tempat duduk prioritas, tanpa antre, tanpa uang, dan dipastikan lebih cepat.

BACA JUGA: Hadiri Acara Peringatan Harpelnas, Wabup Cirebon Apresiasi Inovasi Bank BJB Cabang Sumber

“Kalau hari ini sampah plastiknya baru dapat 4 kilogram atau 1 kilogram sekalipun tidak ada masalah, yang terpenting terus-menerus menabung di bank sampah sampai dengan saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP dalam pembuatan SIM maupun SKCK,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, layanan tersebut dilaunching untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan