Peta Baru China 2023

Memang ada pilihan pendapat yang berbeda dalam penetuan batas wilayah tersebut, namun hendaknya kita senantiasa mendorong penyelesaian sengketa dengan jalan damai.

Model penyelesaian sengketa perbatasan antara Rusia dan China di pulau Bolshoy bisa menjadi model penyelesaian atas persahabatan dan kerjasama yang damai. Semoga tidak ada lagi peperangan yang terjadi karena faktanya perang dimana pun pada akhirnya telah menimbulkan dampak kerusakan dan kehancuran umat manusia. Seolah – olah peradaban manusia telah mundur beberapa abad yang lalu, dimana manusia saling membunuh, yang kuat menindas yang lemah, sehingga satu sama lain membentuk aliansi kekuatan untuk menumbuhkan rasa aman.

Saat aliansi – aliansi pertahanan terbentuk, pada hakikatnya sebuah manifestasi ketidakpercayaan amat satu kekuatan dengan kekuatan lainnya. Inilah posisi strategis Indonesia untuk memainkan peran ‘bebas aktif’ secara maksimal dalam mewujudkan perdamaian dunia. Satu sama lain saling menghargai perbedaan, dan disaat ada perselisihan spirit yang dibangun adalah model penyelesaian damai sesuai ketentuan internasonal. *

Oleh: Dede Farhan Aulawi (Dewan Pakar Pimpinan Wilayah Provinsi Jawa Barat pada Forum Bela Negara RI)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan