Aturan Urutan Makan yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

JABAR EKSPRES – Makan sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup, ternyata memiliki aturan dan urutan yang benar agar bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Karena selama ini, rata-rata makan hanya dilakukan ketika seseorang merasa lapar, sehingga memasukkan makanan kedalam tubuh secara terburu-buru bahkan kadang dengan jumlah yang sekaligus banyak.

Hal inilah yang akhirnya menimbulkan gangguan kesehatan khususnya pencernaan. Karena tidak sesuai dengan aturan sehingga mengganggu kerja dan fungsi semua organ pencernaan.

Urutan makanan yang benar dapat membantu memaksimalkan pencernaan Anda dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Berikut adalah urutan makanan yang sebaiknya diikuti untuk menjaga pencernaan yang sehat:

1. Minum Air Hangat dengan Lemon

Memulai hari dengan segelas air hangat dengan sedikit perasan lemon dapat membantu membersihkan saluran pencernaan Anda dan merangsang pencernaan.

2. Sarapan

Sarapan sebaiknya mengandung campuran karbohidrat, protein, dan serat. Ini bisa berupa oatmeal dengan potongan buah, telur rebus, atau yogurt dengan granola.

Baca juga : 6 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan, Apa Saja?

3. Buah-buahan

Jika Anda ingin makan buah-buahan sebagai camilan, sebaiknya melakukannya sebelum makan besar. Ini karena buah-buahan cenderung mencerna lebih cepat daripada makanan berat.

4. Sayuran

Sayuran segar seperti salad sebaiknya dimakan sebelum makanan utama. Sayuran mengandung serat yang membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi.

5. Makanan Utama

Makanan berat seperti protein (misalnya, daging, ikan, atau tahu/tempe) dan karbohidrat (nasi, roti, atau pasta) sebaiknya dimakan setelah buah dan sayuran. Ini memberi tubuh waktu untuk mencerna makanan yang lebih lambat.

6. Minuman

Sebaiknya hindari minum selama makan. Ini dapat membantu cairan lambung dalam mencerna makanan dengan baik. Minumlah setelah selesai makan.

Baca juga : Rekomendasi Makanan Saat Diare, Memulihkan Pencernaan dengan Nutrisi yang Tepat

7. Camilan Malam

Jika Anda makan camilan malam, pilih camilan yang sehat seperti yoghurt rendah lemak atau kacang-kacangan. Hindari camilan berat sebelum tidur.

8. Hindari Makan Terlalu Cepat

Makan dengan perlahan dan nikmati setiap gigitan. Ini membantu pencernaan dan memberi sinyal kepada otak bahwa Anda sudah cukup makan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan