Terjadi Kebakaran Lahan di Desa Wargiluyu Arjasari Bandung

JABAR EKSPRES- Pada malam Rabu (30/8/2023), dilaporkan terjadi insiden kebakaran lahan di daerah Gunung Batu, di wilayah Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk mengatasi situasi tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, yaitu Hilman Kadar, menjelaskan bahwa petugas menerima laporan tentang kejadian kebakaran lahan di Gunung Batu sekitar pukul 18.44 WIB.

BACA JUGA : Akibat TPS Ditutup, Masyarakat Banyak yang Bakar Sampah, Begini Tanggapan DLH Kota Bandung

Hilman menyebutkan bahwa proses pemadaman telah berlangsung selama hampir tiga jam. Dia memberikan informasi tersebut saat dihubungi pada Rabu (30/8/2023).

Menurut Hilman, sebanyak empat unit kendaraan pemadam kebakaran dan 16 petugas telah dikerahkan untuk menangani situasi ini. Dia menjelaskan bahwa titik api pertama kali muncul di sebelah timur kawasan Gunung Batu dan kemudian menjalar ke arah barat.

Kebakaran di bagian timur sudah berhasil diatasi. Petugas saat ini berfokus pada pemadaman di area barat. Mereka menggunakan air dari kolam warga setempat untuk memadamkan api. “Anggota masih berupaya keras melakukan pemadaman di lapangan,” jelasnya.

Hilman mengungkapkan bahwa luas area lahan yang terkena dampak kebakaran diperkirakan sekitar 2.000 meter persegi. Tentang penyebab kebakaran, dia mengindikasikan bahwa informasi awal menunjukkan bahwa ini mungkin bermula dari aktivitas pembakaran sampah.

“Diduga penyebab awalnya adalah hasil pembakaran sampah yang dilakukan oleh seseorang yang tidak dikenal, berdasarkan informasi yang kami terima dari masyarakat,” ungkap Hilman.

BACA JUGA : Kualitas Udara Hampir Masuk Kategori Tidak Sehat, Pemkot Bandung Lakukan Uji Emisi pada Kendaraan Bermotor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan