Kualitas Udara Hampir Masuk Kategori Tidak Sehat, Pemkot Bandung Lakukan Uji Emisi pada Kendaraan Bermotor

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai menseriuskan menangani persoalan kualitas udara yang tengah terjadi. Pasalnya saat ini kualitas udara Kota Bandung berada di ambang kategori sedang, yang sebentar lagi akan menyentuh kategori tidak sehat di angka 95.

Bila tidak ada upaya yang dilakukan oleh pemkot, bukan tidak mungkin kualitas udara di Kota Bandung akan menyentuh kategori tidak sehat.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Fizi Harita mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan uji emisi yang akan rutin dilaksanakan setiap bulan kepada kendaraan bermotor.

BACA JUGA: Pemanfaatan Lahan Pussenkav Gagal, 10.000 Ton Sampah di Kota Bandung Belum Terangkut

“Kegiatan yang kita lakukan ini memang rutin setiap bulan. Tapi khusus hari ini, permintaan dari mitra Gojek untuk uji emisi,” ujarnya.

Hal ini nantinya untuk mengetahui apakah setiap kendaraan sudah memenuhi baku mutu atau tidak. Nantinya apabila kendaraan bermotor tersebut tidak memenuhi standar baku mutu, maka akan dilakukan upaya pengservicean di bengkel yang sudah ditetapkan.

“Sekitar 90% kendaraan memenuhi baku mutu. Bagi kendaraan yang tidak memenuhi baku mutu akan diservis langsung. Ada bengkel yang diset untuk memenuhi baku mutu. Apabila bengkel yang ada tidak memenuhi baku mutu, kita akan order ke bengkel yang lebih profesional,” ungkapnya.

“Sekarang baku mutunya semakin ketat. Kalau kendaraan baru seharusnya kondisinya bagus. Jika tidak masuk spesifikasi, langsung diperbaiki di bengkel.” jelasnya.

Hari ini, sebanyak 500 kendaraan roda 2 melakukan uji emisi yang dilaksanakan di kantor GO-JEK, yang berlokasi di Jalan Sumatera, Kota Bandung.

“Untuk dua hari ini targetnya 500 motor. Tetapi hari ini saja yang masuk link sekitar seribuan. Mungkin bisa lebih dari 500 selama dua hari ini,” ungkapnya.

Setelah uji emisi pada kendaraan roda 2, rencana uji emisi bagi kendaraan roda 4 akan dilaksanakan berbarengan dengan peringatan ulang tahun Kota Bandung, yang dilaksanakan di Balai Kota.

BACA JUGA: Sanksi Tilang Uji Emisi di Jakarta Akan Dimulai 1 September-30 November 2023

“Untuk agenda kedepan, insya Allah dibulan September kita akan mengadakan uji emisi roda 4 di Balai Kota,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan