BWF Izinkan Rusia dan Belarus Ikut Kompetisi dengan Status Netral

JABAR EKSPRES- Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah memberikan izin kepada para pebulu tangkis dari Rusia dan Belarus untuk ikut serta dalam kompetisi dunia mulai 26 Februari 2024 dengan status “atlet netral perorangan”.

Presiden BWF, Poul-Erik Høyer, menyampaikan bahwa keputusan ini diambil sebagai langkah maju yang positif dalam upaya mempromosikan perdamaian dan solidaritas. Namun, Høyer menegaskan bahwa BWF tetap mendukung rakyat Ukraina dan mengutuk invasi ke Ukraina yang bertentangan dengan nilai-nilai inti BWF.

Rincian peraturan dan operasional akan ditentukan dalam beberapa bulan mendatang untuk merumuskan kerangka operasional. Proses penentuan kelayakan atlet juga akan segera dimulai.

Kerangka kerja ini mengikuti kriteria kelayakan yang ditetapkan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan mencakup prosedur administratif yang terperinci untuk mengakomodasi pemain dari Rusia dan Belarus sebagai atlet netral.

Baca juga: Jelang Korea Open 2023, Pebulu Tangkis Indonesia Mulai Jalani Latihan

Sebuah panel kelayakan atlet akan dibentuk untuk melakukan uji coba dan memeriksa semua persyaratan masuk. BWF juga akan memantau perilaku “atlet netral perorangan” untuk memastikan mereka mematuhi semua ketentuan yang ada.

Baca juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Terhenti di Final Badminton Asia Junior Championships 2023

Presiden BWF menyatakan bahwa keputusan ini sejalan dengan prinsip-prinsip IOC dan semangat gerakan olahraga global yang mendukung partisipasi terbuka atlet dalam kompetisi internasional.

BWF telah berupaya keras untuk menciptakan proses yang aman dan komprehensif dalam mendukung keputusan ini. Protokol yang signifikan juga telah diterapkan untuk menjaga keselamatan semua peserta di masa depan.

Implementasi praktis dari kerangka kerja ini dan partisipasi “atlet netral perorangan” dalam kalender BWF akan melibatkan dialog dengan Anggota Tuan Rumah dalam setiap kejuaraan. Tujuannya adalah untuk mengatasi risiko pembatalan turnamen atau dampak tidak proporsional lainnya terhadap penyelenggaraan turnamen.

Sekretaris Jenderal Bulu Tangkis Dunia, Thomas Lund, menegaskan bahwa BWF telah bekerja sama erat dan konstruktif dengan IOC dalam hal ini untuk memastikan keputusan yang kredibel, andal, dan komprehensif. Ia juga menekankan pentingnya transparansi dalam kerangka kerja ini serta komitmen BWF untuk menyajikan olahraga yang aman dan adil bagi semua pemain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan