Strategi Mengatasi Mental Block Agar Produktivitas Kerja Tidak Terganggu

JABAR EKSPRES – Sering mengalami kondisi dimana tiba-tiba tidak bisa berfikir, tidak menemukan ide brilian seperti biasa atau sangat kesulitan untuk fokus mengatasi masalah. Bisa jadi kamu sedang mengalami Mental Block. Apa dan bagaimana mengatasi mental Block akan kita bahas dalam tulisan ini.

Dilansir dari laman Hellosehat.com, definisi dari Mental Block adalah kondisi saat otak melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu, dan Anda tidak bisa mengendalikannya.

Maksudnya adalah disaat mental block terjadi, kamu tidak bisa berpikir dengan baik seperti biasanya, khususnya dalam topik-topik tertentu.

Banyak juga yang menyebut Mental block sebagai “kendala mental,”. Kondisi ini sering kali terjadi dan sangat berpotensi untuk menghambat produktivitas dan kreatifitas.

Mental Block bisa terjadi pada siapa saja, baik dalam pekerjaan kreatif, belajar, atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa strategi yang dapat membantu mengatasi mental block dan menghidupkan kembali aliran kreativitas dan produktivitas.

Baca juga : Walking Backwards can Improve Physical and Mental Health

Saat seseorang sedang mengalami Mental block, dia akan mengalami masalah dalam menghasilkan ide-ide baru atau mengatasi masalah. Ini bisa terasa frustrasi, terutama saat Anda membutuhkan pemikiran yang segar dan inovatif.

Namun, dengan pendekatan yang tepat, masalah mental block bisa teratasi diantaranya dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Mengenal Penyebab Mental Block

Sebelum mengatasi mental block, penting untuk memahami penyebabnya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mental block antara lain:

– Ketidakpastian dan Kecemasan

Rasa takut gagal atau tidak mampu mencapai harapan dapat menghambat kreativitas dan produktivitas.

– Kelelahan

Kurangnya istirahat dan stres berkepanjangan dapat membuat pikiran menjadi kusam dan sulit berkonsentrasi.

– Monoton atau Rutinitas

Melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dapat menghambat pemikiran kreatif.

– Kurangnya Inspirasi

Terbatasnya sumber daya inspirasi dapat mengakibatkan kesulitan dalam menghasilkan ide-ide baru.

Baca juga : Gaya Hidup ‘Slow Living’ Lagi Viral, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan Mental

2. Strategi Mengatasi Mental Block

– Istirahat dan Rileksasi

Beri diri Anda waktu untuk istirahat dan melepaskan tekanan. Meditasi, jalan-jalan santai, atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan meremajakan pikiran Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan