Marak Penipuan Online, ini 14 Tips Melakukan Transaksi Digital yang Aman

JABAR EKSPRES – Saat ini transaksi digital merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Berbagai kemudahan ditawarkan dalam melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan satu perangkat digital. Seperti apa tips melakukan transaksi digital yang aman, akan diulas dalam tulisan ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi, maka selalu ada pihak yang memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi, salah satunya dengan melakukan penipuan atau pencurian data pribadi.

Karenanya sangat penting untuk menjaga keamanan saat melakukan transaksi digital secara online.

Berikut adalah beberapa tips agar tetap aman saat bertransaksi digital melalui perangkat gadget kamu.

1. Gunakan Perangkat yang Aman

Pastikan perangkat yang Anda gunakan memiliki perangkat lunak keamanan terbaru dan dilindungi dengan sandi atau pengenal biometrik.

2. Gunakan Koneksi Aman

Saat bertransaksi di tempat umum atau jaringan Wi-Fi publik, hindari melakukan transaksi sensitif. Gunakan koneksi yang aman dan terenkripsi.

3. Hati-Hati dengan Email dan Pesan Palsu

Jangan pernah mengklik tautan atau lampiran dari email atau pesan yang mencurigakan. Penipu sering mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui metode ini.

Baca juga : Tips Aman Dalam Melakukan Transaksi Digital, Begini Langkahnya

4. Verifikasi Situs Web

Pastikan Anda bertransaksi hanya di situs web yang aman dan terpercaya. Perhatikan alamat URL yang dimulai dengan “https://” dan memiliki ikon gembok di bilah alamat.

5. Jangan Berikan Informasi Pribadi

Hindari memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, atau kata sandi melalui pesan atau panggilan telepon yang tidak sah.

6. Pemantauan Akun

Selalu pantau akun Anda secara berkala. Jika Anda melihat transaksi yang tidak dikenali, segera hubungi penyedia layanan atau bank Anda.

7. Gunakan Metode Pembayaran Aman

Gunakan metode pembayaran yang memiliki lapisan keamanan tambahan, seperti verifikasi dua faktor atau kode otorisasi.

8. Verifikasi Identitas

Jika Anda diminta untuk memberikan informasi pribadi oleh pihak yang mengklaim memiliki hubungan dengan layanan atau bank Anda, pastikan Anda memverifikasi identitas mereka sebelum memberikan informasi.

9. Hati-Hati dengan Promo yang Terlalu Baik untuk Jadi Kebenaran

Hindari menanggapi tawaran atau promo yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Penipu sering memanfaatkan taktik ini untuk menipu informasi Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan