Karawang Tekankan Gerakan Pendidikan Inklusif di Lingkungan Sekolah

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggalakkan upaya pendidikan inklusif di lingkungan sekolah dengan tujuan agar para siswa yang memiliki kebutuhan khusus dapat merasa nyaman dalam proses belajar.

“Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, menyampaikan pentingnya gerakan inklusif di dunia pendidikan,” seperti yang ia katakan saat menghadiri acara bimbingan teknis tentang pendidikan inklusif untuk para kepala sekolah di Karawang pada hari Senin (28/8/2023), dikutip oleh Jabarekspres.com dari ANTARA.

BACA JUGA: Apa Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah? Ini Penjelasannya

Ia menekankan bahwa tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk memastikan bahwa sekolah menerima konsep pendidikan inklusif dengan baik, dan untuk menghapus perbedaan antara siswa yang memiliki kebutuhan khusus dengan siswa lainnya.

“Selain menciptakan lingkungan yang setara dengan siswa umum, tujuan utama dari pendidikan inklusif adalah untuk menjaga kesejahteraan mental para siswa dan untuk mengembangkan bakat serta potensi mereka,” tambahnya.

Wakil Bupati mengakui bahwa memberikan pendidikan kepada siswa yang memiliki kebutuhan khusus tidaklah mudah.

BACA JUGA: Viral Sekolah Menyediakan Tempat Ibadah untuk Semua Agama

Namun, ia optimis bahwa melalui bimbingan teknis mengenai pendidikan inklusif, para tenaga pendidik di Karawang akan mendapatkan pemahaman dan manfaat serta memahami langkah-langkah teknis dan pendekatan yang diperlukan. Ini diharapkan dapat mendorong lingkungan sekolah untuk memberikan dukungan penuh dalam memperbolehkan partisipasi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

“Ia berharap semangat pendidikan inklusif ini dapat meresap ke seluruh sekolah di Karawang dan menjadi kenyataan,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan