Kalsel Expo 2023 Sediakan 250 Stan untuk UMKM, Targetkan Rp10 Miliar

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memiliki target untuk mencapai transaksi keuangan sebesar Rp10 miliar selama Kalsel Expo, acara yang akan berlangsung di Kota Banjarbaru dari tanggal 30 Agustus hingga 3 September 2023.

Persiapan untuk acara tersebut telah mencapai tahap 90 persen, Kalsel Expo 2023 telah menyediakan 250 stan untuk berbagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Sebuah perusahaan food safety dari Belanda juga akan ikut berpartisipasi dalam Kalsel Expo 2023,” ungkap Plt. Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kalsel, Nurul Fajar Desira, di Banjarbaru pada hari Senin (28/8/2023), dikutip oleh Jabarekspres.com dari ANTARA.

BACA JUGA: Ratusan UMKM Ikut Pelatihan Perizinan dan Permodalan

Fajar menjelaskan bahwa para pelaku usaha tidak hanya fokus pada kegiatan penjualan, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai perlombaan dengan hadiah yang beragam sesuai dengan jenis lomba.

“Kalsel Expo 2023 memiliki tujuan untuk memperkenalkan daerah ini sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta mempromosikan produk-produk lokal hingga ke mancanegara,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah pusat akan turut serta dengan menyediakan empat stan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memiliki satu stan, sementara satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kalsel akan mengisi 27 stan. Pemerintah daerah dari kabupaten dan kota di Kalsel akan mengisi 13 stan. Selain itu, pelaku UMKM lokal akan memiliki 78 stan, pelaku UMKM dari luar provinsi akan memiliki tiga stan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) akan memiliki tiga stan, dan para pelaku usaha mandiri dari tingkat lokal hingga nasional masih dalam proses registrasi.

Di sisi lain, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, Mutaim, mengimbau kepada masyarakat setempat agar tidak memarkir kendaraan sembarangan di pinggir jalan selama Kalsel Expo 2023 berlangsung.

BACA JUGA: Tips Aman Dalam Melakukan Transaksi Digital, Begini Langkahnya

“Kami telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan, dan kami telah menyediakan cukup lahan parkir untuk acara ini,” ungkap Mutaim.

Dalam kesempatan yang sama, Rangga, penyelenggara Kalsel Expo 2023, menyebutkan bahwa persiapan sarana dan prasarana sudah mencapai 90 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan