India Bakal Luncurkan Satelit untuk Pelajari Matahari Setelah Sebelumnya Berhasil Mendaratkan Satelitnya ke Bulan

India telah mencapai prestasi bersejarah dengan mendaratkan wahana bulan keduanya, Chandrayaan-3, di Bulan minggu lalu.

Pendaratan yang sukses ini menjadikan India sebagai negara keempat di dunia yang berhasil melakukan pendaratan lunak di permukaan Bulan, setelah Amerika Serikat, Rusia dan Cina.

Misi Chandrayaan-3, yang berarti “Pesawat Bulan” dalam bahasa Sanskerta, merupakan bagian dari program ruang angkasa India yang berbiaya rendah namun ambisius yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

India meluncurkan pengorbit bulan pertamanya, Chandrayaan-1, pada tahun 2008 dan menjadi negara Asia pertama yang mengirimkan sebuah pesawat ruang angkasa untuk mengorbit Mars pada tahun 2014.

BACA JUGA: Terjadi Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai, Polisi Tengah Lakukan Penyelidikan

Program luar angkasa India didorong oleh para insinyur yang sangat terampil yang dapat beradaptasi dan berinovasi dengan teknologi yang ada dengan biaya yang lebih murah daripada rekan-rekan asing mereka.

India juga memiliki kolaborasi ilmiah yang kuat dengan negara-negara lain, seperti Jepang, yang berencana untuk meluncurkan misi bulan lainnya pada tahun 2025.

India juga bertujuan untuk mengirimkan misi berawak ke orbit Bumi pada tahun depan dan misi orbit ke Venus pada tahun 2025.

Tinggalkan Balasan