Cara Menyembuhan Penyakit Ain Sesuai Teladan yang Diajarkan Rosulullah

JABAR EKSPRES – Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata, yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya. Jika sampai kita terkena penyakit ini, kita harus mencari cara untuk menyembuhkan penyakit Ain ini.

Banyak juga yang tidak sadar terkena penyakit Ain, bahkan pelakunya sendiripun kadang tidak menyadari bahwa apa yang dirasakannya menimbulkan penyakit Ain terhadap orang yang diperhatikannya.

Karenanya sangat penting mengetahui bagaimana cara untuk terhindar  dan bila sudah terekna agar segera menyembuhkan dari penyakit Ain, meski tidak nampak, namun penyakit ini benar-benar nyata dan bahkan bisa mendahului takdir.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا

Dari Ibnu Abbas rodhiyallohu anhu, Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya, jika seandainya ada sesuatu yang mendahului qodar,maka akan didahului oleh ain.Apabila kamu diminta untuk mandi maka mandilah. (hadist riwayat Muslim)

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menangkal Sihir, Sifat Dengki dan Penyakit Ain

Dalil lain juga menyebutkan cara untuk meminta perlindungan dari Allah:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Dari Aisyah rodhiyallohu anha,Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :Mintalah kalian perlindungan kepada Alloh dari ain (mata jahat) karena sesungguhnya ain itu haq (benar) (HR ibnu Majah)

Karenanya, ketika melihat sesuatu yang menakjubkan, Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu menyebut bahwa Rosulullah sudah menunjukkan caranya agar tidak terkena penyakit ini :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).

Seringkali tanpa kita sadari, kita memasang foto-foto, dan memuji berlebihan dengan pencapaian yang didapat, sehingga lupa bahwa hal tersebut juga bisa menjadi pintu masuk penyakit Ain.

Karenanya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan bila sudah terkena pengaruh buruk ‘Ain :

1. Jika pelakunya diketahui, maka hendaklah orang itu diperintahkan untuk mandi, kemudian orang yang terkena pengaruh mata itu mandi dengan bekas air mandi orang itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan