Banyak Bawa Perubahan di 5 Tahun Terakhir, Staf Ahli Gubernur Jabar Beberkan Penyebanya

BANDUNG – Sejak pertama kali menjabat sebagai gubernur, Ridwan Kamil berupaya merealisasikan mimpinya yaitu Jawa Barat sebagai Provinsi Digital. Sejumlah upaya dan usaha pun dilakukan agar bisa digunakan oleh masyarakat.

Staf khusus Gubernur Jawa Barat bidang transformasi digital dan reformasi birokrasi, Juwanda mengungkapkan, Diskominfo dan Jabar Digital Service (JDS) mengakselerasi digitalisasi.

Digitalisasi ini tidak hanya menyasar layanan publik melainkan manfaatnya langsung bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Namun, akselarasi itu sempat tersendat pandemi Covid-19 tepati hal itu menjadi penghambat transformasi dan inovasi digital. Ketika itu, Pemprov Jawa Barat merilis Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Pikobar) untuk menghadapi virus itu.

“Lalu berbagai program dan produk digital dari kolaborasi pentahelix tercipta. Dimulai dengan Membangun Pusat Kendali Jabar Command Center (JCC),” kata Juwanda dikutip Kamis 24 Agustus 2023.

Pada 2018, pertukaran informasi dan koordinasi antar lini pemerintahan provinsi dengan kabupaten/kota belum terintegrasi. Oleh karenanya, JCC dihadirkan dibangun sebagai solusi untuk mengintegrasikan informasi dan koordinasi.

JCC lengkapi dengan dashboard dan sistem yang saling terhubung. Di antaranya, dashboard Sapawarga, Open Data, Pikobar, aplikasi internal Diskominfo kabupaten/kota yang tergabung dalam satu portal aplikasi Interactive System Control (ISC).

Menurutnya, JCC ini berguna untuk pengambilan keputusan penting dan respon cepat tanggap terhadap berbagai peristiwa. Pada 2020, JCC diresmikan dan difungsikan untuk merespons krisis pandemi Covid-19 dan sebagai monitoring aplikasi Pikobar dan layanan Hotline 24 jam.

“JCC juga dilengkapi dengan fasilitas meeting dan event yang digelar secara virtual. Saat ini ada 19 Command Center di berbagai daerah. 11 di antaranya jadi replikasi JCC dan 7 lainnya dibangun tanpa menggunakan APBD,” tuturnya.

*SIDEBAR Jadi Medium untuk Memangkas Birokrasi dengan Sistem Persuratan Elektronik*

Juwanda mengungkapkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jawa Barat menginisiasi ekosistem e-office lewat aplikasi yang dikolaborasikan dengan JCC.

Alhasil, Sistem Informasi Dokumen Elektronik Jawa Barat (SIDEBAR) lahir dengan tiga fitur utama yaitu pembuatan, distribusi, dan disposisi surat agar persuratan yang lebih efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan