Selain Menyikat Gigi, Ketahui Tips Lain Merawat Gigi dan Mulut!

JABAR EKSPRES – Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat membantu kamu dalam menghindari risiko terhadap maslah kesehatan lain. berikut beberapa tips merawatnya.

Gigi dan mulut sendiri merupakan bagian tubuh yang pertama menerima makanan dan minuman yang utuh sebelum di proses ileh bagian pencernaan.

Merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan.

Berikut in terdapat beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk merawat gigi dan mulut kamu dengan baik:

Tips Merawat Gigi dan Mulut

  • Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi kamu setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi dengan fluoride untuk membantu menguatkan enamel gigi kamu .

  • Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk mencegah kerusakan pada gusi dan enamel gigi.

BACA JUGA: Tips Merawat Kesehatan Kuku Guna Menjaga Penampilan! 

  • Hindari Rokok dan Produk Tembakau

Tips merawat gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menghndari merokok dan mengonsumsi produk tembakau dapat merusak gusi dan menyebabkan masalah mulut lainnya seperti bau napas yang tdak sedap.

  • Hindari Menggigit Benda Keras

Jangan menggunakan gigi kamu untuk membuka benda-benda atau menggigit makanan yang terlalu keras, karena ini bisa merusak gigi.

  • Sikat Gigi dengan Teknik yang Benar

Gunakan gerakan sikat gigi yang lembut dan melingkar, fokus pada setiap gigi dan area gusi dengan hati-hati. Jangan terlalu keras menyikat karena bisa merusak gusi dan enamel.

  • Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan pembentukan plak yang kemudian berubah menjadi karang gigi. Batasi asupan makanan dan minuman manis.

BACA JUGA: Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Turunkan Kadar Gula Darah! 

  • Minum Air Putih Secukupnya

Mengonsumsi air putih dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan membantu dalam pembilasan sisa-sisa makanan, ini dapat menjadi salah satu tips merawat kesehatan gigi dan mulut.

  • Pentingnya Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Nutrisi yang baik penting untuk kesehatan gigi dan gusi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan