Viral di TikTok Konten Melarang Minum Air Setelah Makan, Cek Faktanya di Sini!

JABAR EKSPRES – Sedang ramai sebuah video yang beredar, isinya melarang minum air putih sesaat setelah makan. Video ini menjadi viral di berbagai media sosial dan dipersembahkan oleh seorang kreator konten di TikTok.

Dalam unggahannya, sang kreator menyuarakan pandangan bahwa minum segera setelah makan memiliki efek merugikan terhadap pencernaan, karena cairan tersebut tidak dicerna dengan sempurna.

Ia menggambarkan dampaknya sebagai transformasi glukosa dari makanan menjadi lemak, serta meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh.

BACA JUGA: Mitos atau Fakta, Bolehkah Langsung Minum Setelah Makan?

Pertanyaannya, apakah ini benar minum air setelah makan sangat tidak anjurkan?

Namun, Fakta Berkata Lain! Menurut beberapa sumber, video tersebut ternyata mengandung informasi yang keliru.

Pasalnya, proses konversi karbohidrat menjadi glukosa sebenarnya terjadi di dalam saluran pencernaan dan glukosa ini kemudian masuk ke dalam aliran darah.

Selain itu, kelebihan glukosa dalam darah yang tidak segera dibutuhkan sebagai sumber energi akan diubah oleh insulin menjadi cadangan glukosa dalam hati dan otot.

BACA JUGA: Viral Wanita Meninggal karena Terlalu Banyak Minum Air, Ternyata Ini Penyebabnya!

Jika masih ada kelebihan, glukosa ini baru akan disimpan dalam bentuk lemak.

Dengan demikian, informasi yang viral tersebut dapat dipastikan sebagai hoaks.

Penting untuk selalu mencari sumber informasi yang dapat dipercayai dan memverifikasi klaim-klaim sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan