Industri Telekomunikasi Jadi Collaboration Hub Ekosistem Game di Indonesia

JABAR EKSPRES – Telekomunikasi merupakan salah satu industri sentral dalam membangun ekosistem game, khususnya esports di Indonesia. Industri telekomunikasi bahkan disebut bisa menjadi “collaboration hub” lintas industri untuk membangun ekosistem game dan esports di Indonesia.

Sebab, jaringan internet yang disediakan industri telekomunikasi dinilai menjadi ‘nyawa’ dari berlangsungnya game online. Selain itu, kini industri game juga mulai dilirik oleh berbagai industri, seperti financial technology, FMCG dan lain sebagainya.

Industri game dan esports dinilai dapat menjadi kekuatan ekonomi digital nasional. Hal ini dikarenakan infrastruktur telekomunikasi yang semakin baik yang akan membuat pertumbuhan industri esports menjadi lebih cepat dan optimal. 

BACA JUGA: Akselerasi Ekosistem Digital Lampung, Telkom Resmi Komersialkan neuCentrIX Tanjung Karang

Lebih daripada itu, pasar esports juga memiliki potensi yang cukup besar bagi industri telekomunikasi. Menurut Appsflyer, pada semester 1/2021 total belanja dari pengguna game di Tanah Air tercatat lebih dari Rp 2.000 triliun. Dana tersebut digunakan untuk pembelian item, avatar, diamond, coin dan lainnya dalam game.

Saat ini, industri telekomunikasi berperan bukan hanya sebagai penyedia jaringan internet untuk kelancaran bermain game, tetapi juga masuk dalam penyelenggaraan kompetisi, ikut mendukung kelahiran bibit atlet esports dan berbagai inovasi lainnya. 

Beberapa industri provider telekomunikasi, seperti AXIS dan Tri, mengakui bahwa konsumsi data internet untuk gaming menjadi salah satu yang tertinggi jika dibandingkan dengan kategori lainnya. Selain meningkatkan traffic datagaming juga memberi kontribusi bisnis dari jenis transaksi lainnya, seperti in-app purchases (IAP). 

Namun, perusahaan telekomunikasi dinilai perlu memiliki tujuan yang lebih besar dari sekadar melakukan operasi bisnis, yaitu mendukung talenta digital generasi muda bangsa. Indosat Ooredoo Hutchison misalnya, melalui brand Tri, telah berkolaborasi dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan platform esports mobile game, Garudaku, menghadirkan turnamen H3RO Esports.  

Selain turnamen, Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3 juga menghadirkan IMGaming sebagai salah satu platform gaming yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan para gamer, dan juga dapat menikmati pengalaman dengan paket khusus gaming

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan