India Berhasil Mendaratkan Pesawat Ruang Angkasa di Bulan

JABAR EKSPRES – Untuk pertama kalinya India mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan pada hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Pesawat ruang angkasa India tanpa astronaut mendarat berkisar pukul 08.30 waktu bagian Timur di dekat kutub selatan bulan.

Tidak lama usai pesawat mendarat, badan antariksa India merilis foto permukaan bulan yang diambil melalui pesawat tersebut tetapi tak mengungkapkan secara detail terkait kondisi kendaraat tersebut.

Laporan berita dari India mengindikasikan pesawat ruang angkasa tersebut sudah mendarat, akan tetapi tak ada informasi resmi terkait normal atau tidaknya kondisi.

Pesawat tersebut dijadwalkan akan beroperasi berkisar empat belas hari dengan tujuan mempelajari komposisi tanah dan batuan bulan.

Keberhasilan pendaratan misi Chandrayaan-3 ialah kemenangan untuk negara yang mempunyai ambisi semakin besar di luar angkasa.

India merupakan negara keempat yang telah berhasil mendarat di bulan, sebelumnya Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Tiongkok yang pernah mendarat di bulan.

Usai berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan India kemudian merayakannya.

“India berada di bulan,” kata Sreedhara Somanath, kepala Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, ketika Perdana Menteri Narendra Modi menyaksikan sambil mengibarkan bendera India.

Berbicara melalui tautan video dari Afrika Selatan, tempat ia menghadiri pertemuan puncak negara-negara BRICS, Modi mengatakan kepada staf dan wartawan yang bersorak di kantor pusat ISRO bahwa India sedang memasuki momen yang secara historis menguntungkan.

“Keluargaku tersayang, ketika kita melihat sejarah tercipta di hadapan kita, itu membuat hidup kita diberkati,” ujarnya.

“Momen ini merupakan pengumuman India yang maju. Saat-saat ini adalah penemuan dan pertumbuhan yang fenomenal, Kami telah membuat janji di Bumi dan merealisasikannya di bulan.”

“Keberhasilan ini adalah milik seluruh umat manusia dan akan membantu lebih banyak misi negara lain di masa depan,” tambah Modi.

Misi tersebut adalah salah satu dari beberapa misi yang ditujukan ke permukaan bulan. Jepang dijadwalkan meluncurkan pesawat ruang angkasa kecil ke bulan akhir pekan ini untuk menguji kemampuannya mendarat dengan tepat, sebuah kemampuan yang akan bermanfaat bagi misi masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan