Pemkab Lombok Lakukan Penghijauan Hutan Desa Lantan, Tanam 1.500 Bibit Pohon

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dengan jajaran TNI-Polri juga masyarakat melaksanakan penghijauan terhadap hutan di kawasan Desa Lantan dalam rangka melestarikan alam. Kegiatan tersebut mencakupi penanaman ribuan bibit pohon alpukat di kawasan hutan tersebut.

“Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.500 pohon,” ucap Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1620 Loteng Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur, dikutip dari ANTARA oleh Jabarekspres.com, Rabu (23/8/2023).

Penghijauan tersebut merupakan upaya dari pengelolaan dan pelestarian hutan untuk menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem, khususnya di kawasan hutan kemasayarakatan Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara. Pihaknya melibatkan diri secara langsung dalam melakukan penanaman ribuan bibit pohon bersama dengan instansi terkait untuk menguatkan lingkungan alam yang dinilai sudah terdegradasi.

BACA JUGA: Polrestabes Bandung Lakukan Penghijauan Tanam 1500 Pohon

“Dalam aksi penanaman ini, penanaman ribuan pohon alpukat bertujuan untuk mengembalikan dan memperkuat ekosistem hutan yang berperan penting dalam menjaga siklus air, menyediakan habitat bagi beragam makhluk hidup,” terangnya.

Penghijauan tersebut merupakan langkah positif untuk memberikan dukungan program pemerintah dalam melakukan perlindungan alam. TNI juga ikut berpartisipasi aktif dalam memperkuat hubungan antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat. Mereka juga turut menanamkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Kolaborasi kami turut serta dengan berbagai pihak dalam melakukan aksi penanaman pohon di hutan adalah bagian dari komtimen untuk menjaga kelestarian hutan dan mengurangi dampak deforestasi yang dapat merusak ekosistem alam,” jelasnya.

Dalam kolaborasi tersebut, seluruh pihak berharap bahwa selain aspek lingkungan, dapat tercipta juga dampak sosial yang positif. Hal itu juga merupakan contoh sinergi yang bertujuan pada upaya konservasi yang lebih efektif.

“Diharapkan melalui langkah ini akan menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya dalam menjaga dan melestarikan hutan. Keterlibatan berbagai pihak, dalam upaya pelestarian lingkungan adalah langkah positif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” kata Muhammad.

BACA JUGA: Wagub Uu Ruzhanul Mulai Menanam 1.000 Bibit Pohon

Penanaman ribuan pohon disebutkan tidak berdampak jangka pendek saja, melainkan memberikan manfaat dengan jangka yang panjang bagi kelestarian hutan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan