Padamkan Api TPA Sarimukti, Diskar PB Kota Bandung Kirimkan Bantuan

JABAR EKSPRES – Untuk memadamkan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menerjunkan 3 unit mobil pemadam kebakaran.

Gun Gun Sumaryana selaku Kepala Diskar PB Kota Bandung mengatakan, pihaknya telah menerjunkan 2 unit pancar dan 1 unit armada quick respon ke lokasi kejadian. Saat ini, pihaknya masih menyiapkan armada tambahan untuk diterjunkan ke lokasi.

“Diskar PB Kota Bandung sudah diperintahkan untuk tambah armada dan personil untuk bantu,” ucap Gun Gun Sumaryana, Rabu 23 Agustus 2023, dilansir dari Pemkot Bandung.

BACA JUGA: Antisipasi Terbakarnya TPA Sarimukti, Pemkot Bandung Dorong Warga Kelola Sampah

BACA JUGA: TPA Sarimukti Overload, Bandung Raya Diintai 6 Ancaman

Sebelumnya, TPA Sarimukti mengalami kebakaran sejak Sabtu, 19 Agustus 2023. Hingga berita ini turun, api yang membakar wilayah tersebut belum juga padam. Luas wilayah yang terbakar di zona 4 sebesar 5 hektar, di zona 3 sebesar 4 hektar, dan di zona 2 sebesar 2,7 hektar.

Dengan belum padamnya api di sana, membuat TPA Sarimukti harus ditutup untuk sementara. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat masyarakat timbun dan sampah anorganik dapat dikirimkan ke bank sampah untuk dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah secara sembarangan dan berlebihan agar tidak ada bencana lain yang timbul.

“Juga menghindari penumpukan sampah di Kota Bandung yang dapat menimbulkan bencana Ikutan lainnya,” katanya. (*)

BACA JUGA: Antisipasi Overload TPA Sarimukti, Warga Diimbau Ubah Mindset

BACA JUGA: Menyoal Program Kang Pisman, Sudah Tidak Efektif?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan