Kembali Terbukti, Kenapa Rosulullah Sunahkan Minum Sambil Duduk, Ternyata Ini Bahaya Minum Sambil Berdiri Menurut Para Ahli

JABAR EKSPRES – Nabi Muhammad SAW selalu memberikan contoh dan tuntunan untuk diikuti oleh umatnya. Salah satunya sunah minum sambil duduk. Karena ternyata, bila terbiasa minum sambil berdiri maka bisa bahaya untuk kesehatan tubuh.

Beberapa ahli pernah melakukan penelitian terkait pengaruh minum sambil berdiri pada kesehatan tubuh. Diantanya bisa menimbulkan gangguan pencernaan, gangguan fungsi usus dan beberapa gangguan laimnnya. Karenanya sunah untuk minum sambil duduk, kembali terbukti manfaatnya untuk umat muslim.

Dalil yang menganjurkan untuk minum sambil duduk ada di beberapa hadits shohih, diantaranya :

1. Hadits yang diceritakan Anas bin Malik RA

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

Artinya: Dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. “Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab: “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR Muslim).

Baca juga :Wanita Berhijab Viral karena Aksi Minum Amer, Ngaku Pertama Kali!

2. Hadits yang diceritakan Al Jarud bin Al ‘Ala RA

أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن الشرب قائما

Artinya: “Bahwa Nabi SAW melarang minum sambil berdiri.” (HR At Tirmidzi , beliau berkata: hadits ini gharib dan hasan. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 1880).

3. Hadits yang diceritakan Abu Sa’id Al-Khudri RA

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

Artinya: “Nabi SAW sungguh melarang dari minum sambil berdiri. (HR Muslim).

Dari beberapa hadits tersebut, sudah sangat jelas bahwa Rosulullah menghendaki seluruh umatnya mengikuti kebaikan berupa minum dan makan harus sambil duduk.

Meski begitu, kita masih sering menemukan banyak orang melakukan minum sambil berdiri dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata dari hasil penelitian para ahli, terungkap beberapa bahaya atau gangguan kesehatan bisa terjadi jika terbiasa minum sambil berdiri. Berikut adalah penjelasan beberapa ahli tentang bahayanya minum sambil berdiri dari sisi medis:

1. Gangguan Pencernaan.

Dijelaskan oleh Dr. Krishan Chugh, seorang gastroenterolog dari Ganga Ram Hospital di New Delhi, India, yang mengatakan bahwa minum sambil berdiri dapat mengganggu proses pencernaan.

“Saat Anda berdiri, cairan yang masuk ke lambung tidak didistribusikan secara merata, yang dapat menyebabkan lambung bekerja lebih keras untuk mencerna makanan dan minuman.” ujarnya.

Tinggalkan Balasan